Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > FEB UI Raih Akreditasi Internasional, Penilaian Bergengsi di Kancah Dunia

FEB UI Raih Akreditasi Internasional, Penilaian Bergengsi di Kancah Dunia

Berita Utama | Selasa, 1 November 2022 | 18:26 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
FEB UI Raih Akreditasi Internasional, Penilaian Bergengsi di Kancah Dunia

KABARINDO, DEPOK—Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) memperoleh akreditasi internasional Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB), salah satu penilaian paling bergengsi di dunia untuk sekolah bisnis. Bahkan dari sekitar 13.000 sekolah bisnis di dunia, kurang dari 6% yang telah masuk pengesahaan AACSB mengingat ketatnya proses akreditasi tersebut. 

“UI merasakan manfaat keikutsertaan FEB UI sebagai duta UI dalam akreditasi tingkat internasional ini, dengan diterapkannya berbagai proses perbaikan dan peningkatan, inovasi, kerjasama serta kontribusi pada masyarakat, sebagai bagian yang dituntut oleh akreditasi AACSB. Semuanya akan mempengaruhi semangat UI dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, Ph.D. 

“Tentu kami berharap keberhasilan ini juga akan  mendorong UI dalam perankingan internasional, sehingga dapat menaikkan pendidikan  Indonesia di kancah dunia,” ujar Ari dalam acara Perayaan Akreditasi Internasional FEB UI di Auditorium Dekanat FEB UI di Kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FEB UI Teguh Dartanto, mengatakan proses panjang untuk mendapatkan pengakuan dari AACSB International ini merupakan suatu proses perbaikan berkelanjutan bagi institusi yang dipimpinnya. 

Dia merinci bahwa terdapat 15 standar yang dinilai dalam proses akreditasi ini. Termasuk di dalamnya penentuan visi misi FEB UI, strategi pengelolaan pendidikan, pengembangan dosen, dan lain-lain. 

“Ada 12 program studi yang kami ikutkan dalam proses akreditasi ini sehingga menjadikan FEB UI sebagai Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang memperoleh akreditasi terbesar (dalam arti jumlah) se-Indonesia sejauh ini,” ujar Teguh menegaskan. 

FEB UI menurutnya telah melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan kualitas dan mutu pendidikan, di antaranya menjalin hubungan dengan berbagai pihak dan menghadirkan kontribusi positif dalam 72 tahun kehadiran FEB UI di Indonesia.

“Pengakuan internasional ini membuat kami lebih bersemangat memasuki usia ke 72 tahun dan akan terus menjalankan misi kami untuk berkontribusi pada pengembangan pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis, serta menyiapkan pemimpin yang inklusif, relevan dan bereputasi, yang memiliki tanggung jawab sosial serta mampu menghadapi tantangan global,” tutur Teguh penuh optimisme.  

Dalam acara pengumuman perolehan akreditasi tersebut hadir pula Executive Vice President AACSB International Dr. Geoff Perry. Dia mengatakan bahwa akreditasi dari pihaknya identik dengan standar kualitas tertinggi sehingga dapat menginspirasi cara berpikir baru dalam pendidikan bisnis secara global. 

“Kami mengucapkan selamat kepada Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang telah memperoleh akreditasi AACSB dan memberikan apresiasi kepada Dekan Teguh Dartanto dan seluruh tim Fakultas Ekonomi dan Bisnis atas peran mereka dalam meraih penghargaan yang terhormat ini,”  katanya. 

Selain Geoff, Executive Vice President and Chief Accreditation Officer of AACSB Stephanie Bryant pun memberikan apresiasinya terkait pendapaian FEB UI tersebut. Menurut Stephanie komitmen FEB UI untuk mendapatkan akreditasi merupakan cerminan nyata dari dedikasi terhadap peningkatan kualitas institusi pendidikan. 

“Dedikasi tersebut tidak hanya kepada mahasiswa, jaringan alumni, dan komunitas bisnis yang lebih besar, tetapi juga kepada industri pendidikan tinggi secara keseluruhan. Mahasiswa hari ini adalah pemimpin bisnis masa depan, dan penambahan FEB UI ke jaringan sekolah bisnis terakreditasi AACSB akan memiliki dampak positif baik secara lokal maupun global,” kata Stephanie secara tertulis. 

Pada acara tersebut, Ketua Umum Ikatan Alumni (ILUNI) FEB UI Alexandra Askandar yang juga merupakan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri turut menyampaikan apresiasi dan kebanggaan terhadap almamaternya. Menurutnya perolehan akreditasi AACSB merupakan bagian dari perjalanan FEB UI untuk terus selalu melakukan perbaikan berkelanjutan, memberikan impact yang positif kepada masyarakat, berperan serta dalam pembangunan nasional serta pengembangan ilmu pengetahuan. 

“Saya mewakili seluruh alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, mengucapkan selamat kepada seluruh sivitas akademika FEB UI, dan kami sebagai alumni, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari FEB UI akan terus mendukung perjalanan FEB UI ke depannya,” ujar Alexandra.

Di sisi lain, pada kesempatan itu Teguh pun menambahkan bahwa FEB UI juga telah memperbarui akreditasi Internasional Association of MBAs (AMBA) untuk program studi Magister Manajemen (MM FEB UI). Sehingga menjadikan FEB UI sebagai satu-satunya sekolah bisnis di Indonesia yang memiliki ‘Double Crown’ yaitu tingkat tertinggi pengakuan internasional atas pendidikan tinggi sekolah bisnis (AACSB dan AMBA). 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER