Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Erupsi Vulkanik Cumbre Vieja Dinyatakan Berakhir setelah 3 Bulan

Erupsi Vulkanik Cumbre Vieja Dinyatakan Berakhir setelah 3 Bulan

Internasional | Sabtu, 25 Desember 2021 | 23:43 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Erupsi Vulkanik Cumbre Vieja Dinyatakan Berakhir setelah 3 Bulan

KABARINDO, MADRID Para ilmuwan menyatakan letusan gunung berapi Cumbre Vieja di La Palma, Spanyol secara resmi berakhir pada Sabtu (25/12).

Keputusan ini memungkinkan ribuan penduduk pulau itu untuk bernapas lega setelah hampir 100 hari gunung itu memuntahkan lava, batu dan abu yang menjungkirbalikkan kehidupan mereka.

Letusan Cumbre Vieja sebetulnya telah berhenti dengan tiba-tiba pada 13 Desember lalu setelah meletus sejak 19 September, tetapi pihak berwenang memilih tetap waspada dan berhati-hati sebelum mengumumkan keputusan mereka di hari Sabtu.

"Apa yang ingin saya katakan hari ini dapat dikatakan hanya dengan empat kata: Letusan sudah berakhir," kata kepala keamanan regional Kepulauan Canary Julio Perez pada konferensi pers.

Selama letusan, lahar mengalir ke lereng gunung, menelan rumah-rumah, gereja, dan banyak perkebunan pisang yang menyumbang hampir separuh ekonomi pulau itu. Meskipun properti hancur, tidak ada yang terbunuh

Maria Jose Blanco, direktur National Geographic Institute on the Canaries, mengatakan semua indikator menunjukkan letusan telah kehabisan energi tetapi dia tidak mengesampingkan reaktivasi di masa depan.

Erupsi Vulkanik Cumbre Vieja Dinyatakan Berakhir setelah 3 Bulan

Kehancuran yang Tersisa

Sekitar 3.000 properti dihancurkan oleh lahar yang sekarang mencakup 1.219 hektar - setara dengan sekitar 1.500 lapangan sepak bola - menurut penghitungan akhir oleh layanan darurat.

Dari 7.000 orang yang dievakuasi, sebagian besar telah kembali ke rumah tetapi banyak rumah yang tidak dapat dihuni lagi karena kerusakan akibat abu. 

Dengan banyaknya jalan yang ditutup, beberapa perkebunan kini hanya dapat diakses melalui laut.

Pasangan Jerman Jacqueline Rehm dan Juergen Doelz termasuk di antara mereka yang terpaksa mengungsi, melarikan diri dari rumah kontrakan mereka di desa Todoque dan pindah ke perahu layar kecil mereka selama tujuh minggu.

"Kami tidak dapat menyelamatkan apa pun, tidak ada perabotan, tidak ada lukisan saya, semuanya berada di bawah lahar sekarang," kata Rehm, 49, menambahkan bahwa mereka akan pindah ke Tenerife terdekat setelah Natal.

"Saya tidak yakin ini benar-benar berakhir. Saya tidak percaya binatang ini sama sekali," katanya.

Deru vulkanik yang berfungsi sebagai pengingat letusan terus-menerus berlangsung mungkin telah mereda, dan penduduk pulau tidak lagi harus membawa payung dan kacamata untuk melindungi dari abu, tetapi operasi pembersihan raksasa baru saja dimulai.

Pemerintah telah menjanjikan lebih dari 400 juta euro (Rp6,4 triliun) untuk rekonstruksi, tetapi beberapa penduduk dan bisnis mengeluh bahwa dana itu lambat tiba. (Sumber: AP; Foto: Atalayar, Volcanodiscovery)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER