Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Berita Utama > Erupsi Belum Bisa Diramal Dengan Teknologi

Erupsi Belum Bisa Diramal Dengan Teknologi

Berita Utama
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Erupsi Belum Bisa Diramal Dengan Teknologi

KABARINDO, JAKARTA-Ahli vulkanologi Surono menyatakan, erupsi gunung berapi belum bisa diramalkan dengan teknologi. Hal itu disampaikan Surono saat diwawancarai MetroTV dalam program breaking news, Sabtu (4/12).

"Belum ada teknologi yang bisa meramal erupsi gunung berapi. Evakuasi harus segera dilakukan dan masyarakat di sekitar gunung harus waspada," kata Surono.

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal pada Sabtu sore (4/12).

Puluhan warga di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilaporkan mulai mengungsi akibat peristiwa tersebut. Hujan abu vulkanik menyebabkan sejumlah wilayah di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro gelap seperti malam hari, sehingga pemerintah setempat akan membuka posko pengungsian di Kamar Kajang dan Pronojiwo.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut dilaporkan mengalami peningkatan aktivitas yang disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik, kurang lebih pada pukul 15.00 WIB.
 
Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dengan guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kurang lebih pukul 15.20 WIB.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER