Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Enam Pabrik Danone-AQUA; Raih Penghargaan Proper Hijau

Enam Pabrik Danone-AQUA; Raih Penghargaan Proper Hijau

Olahraga | Rabu, 2 Januari 2019 | 14:52 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Enam Pabrik Danone-AQUA; Raih Penghargaan Proper Hijau

Enam Pabrik Danone-AQUA; Raih Penghargaan Proper Hijau

Dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Surabaya, Kabarindo- Danone-AQUA mendapatkan anugerah Proper Hijau untuk keenam pabriknya atas pencapaiannya dalam pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan pemerintah.

Penghargaan tersebut diterima oleh perwakilan dari Pabrik AQUA Mekarsari, Babakanpari, Pandaan, Mambal, Klaten dan Wonosobo.

Proper merupakan upaya pemerintah untuk mendorong agar perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan ini dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan mengukur kinerja keberlanjutan perusahaan melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan.

Proper juga bertujuan agar industri menerapkan prinsip ekonomi hijau dengan kriteria penilaian kinerja sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi dan air, penurunan beban air limbah, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R limbah B3 dan limbah padat non-B3 serta mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.

Tahun ini, sebanyak 155 perusahaan mendapatkan Proper Hijau dari 1.906 perusahaan yang mengikuti evaluasi peringkat kinerja periode 2017-2018. Danone-AQUA secara rutin menjalani audit kinerja lingkungan dan program keberlanjutan dalam penilaian Proper ini sejak 2011. Secara konsisten, pabrik-pabrik yang terpilih mendapatkan peringkat Proper Hijau, termasuk pada tahun ini.

Vice President General Secretary Danone-Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, mengatakan tujuan perusahaan untuk menjalani penilaian Proper adalah melakukan perbaikan kinerja lingkungan secara terus menerus.

“Penilaian Proper merupakan standar kami untuk melakukan perbaikan kinerja lingkungan setiap tahun. Sebagai bagian dari Danone, kami memiliki komitmen ganda, yaitu tidak hanya meningkatkan kinerja bisnis, tapi juga sosial dan lingkungan. Hal ini sejalan dengan yang diamanatkan pemerintah dalam Proper,” ujar Vera.

Ia menambahkan, dalam menjalani bisnis, Danone-AQUA memegang standar kepatuhan terhadap peraturan pemerintah dalam lingkungan. Karenanya, secara konsisten pihaknya melihat Proper sebagai ukuran dalam memenuhi standar kepatuhan terhadap lingkungan dan memberikan lebih dari yang dipersyaratkan.

Danone-AQUA juga berupaya mendukung target pemerintah dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Perusahaan ini mengembangkan program peningkatan akses air bersih/WASH yang telah memberikan manfaat bagi lebih dari 160 KK yang tersebar di Indonesia. Pabrik-pabrik Danone-AQUA juga menerapkan operasional ramah lingkungan serta green office untuk membantu mengurangi jejak karbon.

Untuk mendorong terciptanya lingkungan yang bersih, Danone-AQUA mengelola sampah botol plastik melalui tiga pilar #BijakBerplastik yaitu peningkatan infrastruktur pengumpulan sampah botol plastik, edukasi 3R serta inovasi produk. Dalam memastikan keberlanjutan sumber daya air, perusahaan juga telah melakukan berbagai program konservasi di wilayah DAS tempat perusahaan beroperasi.

Penilaian Proper diukur dari penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam proses produksi dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, 3R (Reduce, Reuse, Recycle), efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat melalui program pengembangan masyarakat.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER