Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Embran Nawawi Tampilkan Batik Bangkalan dan Batik Kuno Majapahit dalam Trunkshow

Embran Nawawi Tampilkan Batik Bangkalan dan Batik Kuno Majapahit dalam Trunkshow

Gaya hidup | Sabtu, 7 Oktober 2023 | 23:25 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Embran Nawawi Tampilkan Batik Bangkalan dan Batik Kuno Majapahit dalam Trunkshow

Embran Nawawi Tampilkan Batik Bangkalan dan Batik Kuno Majapahit dalam Trunkshow

Karya Tri Mutmainah dan Nico Sawiji dari Probolinggo, angkat Poerwa Batik

Surabaya, Kabarindo- Desainer Embran Nawawi telah bertahun-tahun menggeluti batik dalam kehidupannya dan menjadikan batik sebagai inspirasi yang tidak pernah habis. Ia selalu menghargai batik sebagai kain tradisional, produk budaya, produk fashion hingga masterpiece yang terus berkembang.

Proses panjang Embran dalam mengenal batik Jawa Timur menjadikan ia sebagai sahabat perajin batik dari 38 daerah di Jatim. Embran selalu mencari potensi baru dalam perkembangan batik. Ia kemudian bertemu dengan maestro batik muda dari Probolinggo yang mengangkat batik kuno Majapahit. Nico Sawiji, pemuda asal Probolinggo yang fokus pada masterpiece karyanya motif batik Majapahit yang ditemukan pada perca kain batik di sebuah museum di Belanda. Kini Nico Sawiji memberikan warna baru pada batik Jawa Timur dengan nama Poerwa Batik.

Embran mengatakan, kolaborasi dan inkubasi adalah caranya membuat batik disukai oleh generasi muda. Ia membimbing Tri Mutmainah, untuk berkarya dalam fashion batik ready to wear. Tri adalah asisten dosen yang selalu membantunya dalam mengajar ilmu tekstil di UK Petra Surabaya. Tri memperkenalkan karya pertamanya dengan tema Barista berupa apron batik cantik gaya barista.

Masih dalam rangka perayaan Hari Batik Nasional, Embran, Nico Sawiji dan Tri Mutmainah berkolaborasi menggelar pameran dan trunkshow batik di lobi Luminor Hotel Jemursari Surabaya dan di Rock ‘n Sugar Coffee & Bistro pada Jumat (6/10/2023).


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER