Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Elsa Maharani Berdayakan Ibu Rumah Tangga di Padang; Produksi Hijab Hingga Masker

Elsa Maharani Berdayakan Ibu Rumah Tangga di Padang; Produksi Hijab Hingga Masker

Ekonomi & Bisnis
Oleh : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Elsa Maharani Berdayakan Ibu Rumah Tangga di Padang; Produksi Hijab Hingga Masker

Elsa Maharani Berdayakan Ibu Rumah Tangga di Padang; Produksi Hijab Hingga Masker

Peraih SATU Indonesia Awards 2020 bidang kewirausahaan, sukses raup ratusan juta Rupiah per bulan

Surabaya, Kabarindo- Cerita sukses pada usia muda tergambar dari kisah Elsa Maharani, penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2020 bidang kewirausahaan.

Elsa menceritakan perjalanannya dalam mengangkat perekonomian warga sekitarnya dalam Inspira Nation with 12th SATU Indonesia Awards 2021 dengan tema “Semangat Anak Muda Berwirausaha” yang digelar oleh Astra di YouTube SATU Indonesia.

Berawal dari melihat potensi menjahit para ibu rumah tangga di tempat tinggalnya di Simpang Koto Tingga, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, ia tergerak memberdayakan mereka menjadi mitra wirausaha berbasis industri rumah tangga. Sebelumnya, mereka adalah pencacah batu kali dan asisten rumah tangga. Melalui merek Maharrani Hijab milik Elsa, para ibu rumah tangga ini memproduksi baju koko, baju gamis, mukena, hijab hingga masker, sehingga mendapat penghasilan tetap di atas UMR Kota Padang. Usaha ini sudah berjalan 3 tahun.

Elsa menyebutkan, hampir 80% perempuan Koto Tingga menggantungkan hidup dari penghasilan suami, padahal mereka umumnya memiliki kemampuan menjahit. Elsa mengubah hidup para ibu rumah tangga ini. Dengan modal Rp.3 juta, ia mengajak banyak perempuan Koto Tingga untuk memiliki penghasilan sendiri. Elsa yang awalnya hanya reseller merek hijab ternama dari Jakarta ini, sukses meraup keuntungan ratusan juta per bulan dari usaha mandiri yang ia geluti. Melalui usaha konveksi ini, Elsa berhasil menambah pemasukan warga sekitarnya.

Selain ibu-ibu, ada pula penjahit laki-laki yang ambil bagian dalam usaha tersebut. Mereka mendapat upah dari produk baju Rp.25.000 per helai. Maharrani Hijab mampu memproduksi lebih dari 2.500 helai setiap bulan. Produk yang dijual secara online ini memiliki 60 agen yang tersebar di dalam maupun luar negeri dan ratusan reseller dari Aceh hingga NTB

“Bagi kaum muda yang ingin terjun ke dunia usaha, jangan takut. Setiap kita memulai usaha bukan tidak mungkin menemui kegagalan. Hadapi saja. Suatu saat pasti akan berhasil,” tutur Elsa, kelahiran Padang, 5 Maret 1990, alumnus Universitas Andalas Padang jurusan Kesehatan Masyarakat ini.

Founder Young On Top sekaligus Juri 12th SATU Indonesia Awards 2021, Billy Boen, mengatakan generasi muda harus memiliki visi dan misi yang jelas sehingga dapat benar-benar tahu arah usaha yang akan dijalankan.

“Jangan kebanyakan menunggu.Mulai dari sekarang. Jangan takut gagal. Kalau dari awal sudah takut, kita tidak akan kemana-mana,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER