Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > DEN Dorong Pemanfaatan BBG Sebagai Energi Alternatif yang Bersih & Terjangkau

DEN Dorong Pemanfaatan BBG Sebagai Energi Alternatif yang Bersih & Terjangkau

Ekonomi & Bisnis | Kamis, 11 Mei 2023 | 19:16 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
DEN Dorong Pemanfaatan BBG Sebagai Energi Alternatif yang Bersih & Terjangkau

DEN Dorong Pemanfaatan BBG Sebagai Energi Alternatif yang Bersih & Terjangkau

Surabaya, Kabarindo- PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) yang merupakan afiliasi dari Subholding Gas Pertamina, menerima kunjungan anggota Dewan Energi Nasional (DEN) di SPBG Purwakarta pada Rabu (10/5/2023).

Kunjungan kerja tersebut dibarengi diskusi Pengawasan Implementasi RUEN bertajuk Pemanfaatan Gas Bumi Sektor Industri dan Transportasi Melalui Pengembangan dan Pemanfaatan Compressed Natural Gas (CNG).

Kunjungan dilakukan oleh anggota DEN, Satya Widya Yudha, Agus Puji Prasetyono, Herman Darnel Ibrahim dan Yusra Khan serta Tim Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi, yang dipimpin oleh anggota DEN, Eri Purnomohadi. Hadir pula Muhammad Wafid, Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang, Kementerian ESDM.

Anggota DEN diterima oleh Direktur Utama Gagas, Muhammad Hardiansyah. yang menjelaskan 3 program strategis untuk pemanfaatan Bahan Bakar Gas (BBG) di sektor transportasi. Pertama, konversi CNG untuk Truk Pertamina Group. Kedua, konversi CNG Sepeda Motor dan terakhir konversi CNG Kendaraan Penumpang.

“Untuk konversi CNG Sepeda Motor, kami masih dalam tahap pilot project selama 3 bulan dan akan berlangsung pada Mei – Juli. Kami akan memasang 300 converter kit untuk sepeda motor milik kendaraan operasional Subholding Gas dan komunitas ojek online. Selama 3 bulan ini, kami ingin mendapatkan masukan dari pengguna motor CNG, sehingga ke depan motor CNG dapat menjadi pilihan kendaraan alternatif yang lebih baik,” paparnya.

Satya Widya Yudha menjelaskan peran BBG sangat penting, terlebih kita masih di dalam masa transisi menuju energi terbarukan. Ini karena cadangan gas bumi di Indonesia relatif masih banyak. Ia menjelaskan, selain kendaraan listrik, kendaraan BBG bisa dijadikan alternatif pilihan kendaraan yang lebih ramah lingkungan oleh masyarakat.

“DEN berkomitmen untuk mendukung Gagas dan Subholding Gas untuk membantu mendorong penggunaan dan pemanfaatan BBG kepada masyarakat maupun emerintah,” ujarnya.

Anggota DEN menyambut positif keberadaan motor dan kendaraan BBG mengingat pasokan BBG berasal dari dalam negeri dan harga BBG yang jauh lebih murah dibandingkan harga BBM saat ini. Pada kesempatan tersebut, anggota DEN sempat merasakan motor BBG dan mengelilingi area SPBG.

Hardiansyah menekankan, BBG hadir tidak untuk menghalangi atau bersaing dengan kendaraan listrik, namun dapat menjadi pilihan energi alternatif yang bersih dan terjangkau bagi masyarakat.

“Kami menawarkan pilihan energi alternatif bagi masyarakat yang bersih dan terjangkau. Saat ini harga BBG untuk transportasi atau Gasku hanya Rp.4.500/LSP, sehingga ada potensi penghematan dari harga bahan bakar minimal 55% yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan pengguna,” ujarnya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER