Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Corona Dapat Menyebar ke Seluruh Organ dan Bertahan Berbulan-bulan

Corona Dapat Menyebar ke Seluruh Organ dan Bertahan Berbulan-bulan

Berita Utama | Senin, 27 Desember 2021 | 08:04 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Corona Dapat Menyebar ke Seluruh Organ dan Bertahan Berbulan-bulan

KABARINDO, SYDNEY – Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa Sars-CoV-2, virus penyebab COVID-19, dapat menyebar dalam beberapa hari dari saluran udara ke jantung, otak, dan hampir setiap sistem organ dalam tubuh, dan bertahan selama berbulan-bulan.

Hasil penelitian para ilmuwan di Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat (NIH) ini dirilis secara daring di jurnal Nature pada hari Sabtu (25/12) dalam sebuah makalah yang sedang ditinjau untuk diterbitkan.

Para ilmuwan tersebut menemukan bahwa patogen virus itu mampu bereplikasi dalam sel manusia dengan baik, jauh melampaui saluran pernapasan.

Hal ini menunjukkan terjadinya penundaan pembersihan virus dari tubuh, yang diduga menjadi kontributor potensial untuk gejala berkelanjutan pada pasien 'long Covid'.

"Penemuan ini sangat penting," kata Dr Ziyad Al-Aly, direktur pusat epidemiologi klinis di Sistem Perawatan Kesehatan St Louis Urusan Veteran di Missouri yang telah memimpin studi terpisah tentang efek jangka panjang dari Covid-19.

"Untuk waktu yang lama sekarang, kami telah menggaruk-garuk kepala dan bertanya mengapa 'long Covid' tampaknya mempengaruhi begitu banyak sistem organ. Makalah ini dapat membantu menjelaskan mengapa long Covid dapat terjadi bahkan pada orang yang memiliki gejala akut ringan atau tanpa gejala penyakit sama sekali."

Temuan ini belum ditinjau oleh para ilmuwan independen, dan sebagian besar didasarkan pada data yang dikumpulkan dari kasus Covid-19 yang fatal, bukan pasien dengan long Covid atau, nama lainnya, "sekuele pasca-akut Sars-CoV-2".

Penelitian yang Lebih Komprehensif

Penelitian yang dilakukan di NIH di Bethesda, Maryland, didasarkan pada pengambilan sampel dan analisis jaringan yang ekstensif yang diambil selama otopsi pada 44 pasien yang meninggal setelah tertular virus corona selama tahun pertama pandemi di AS.

Berbeda dengan penelitian otopsi Covid-19 lainnya, pengumpulan jaringan post-mortem tim NIH lebih komprehensif dan biasanya terjadi dalam waktu sekitar satu hari setelah kematian pasien.

Para peneliti NIH juga menggunakan berbagai teknik pengawetan jaringan untuk mendeteksi dan mengukur tingkat virus, serta menumbuhkan virus yang dikumpulkan dari berbagai jaringan, termasuk paru-paru, jantung, usus kecil dan kelenjar adrenal pasien Covid-19 yang meninggal selama minggu pertama mereka sakit.

"Hasil kami secara kolektif menunjukkan bahwa sementara beban tertinggi Sars-CoV-2 ada di saluran udara dan paru-paru, virus dapat menyebar lebih awal selama infeksi dan menginfeksi sel di seluruh tubuh, termasuk secara luas di seluruh otak," kata para penulis.

Kelompok tersebut mendeteksi RNA Sars-CoV-2 yang persisten di beberapa bagian tubuh, termasuk daerah di seluruh otak, selama 230 hari setelah timbulnya gejala. Ini mungkin menunjukkan infeksi virus yang rusak, seperti halnya infeksi persisten dengan virus campak, kata mereka.

Fokus pada beberapa area otak sangat membantu, kata Dr Al-Aly di Sistem Perawatan Kesehatan St. Louis Urusan Veteran.

"Ini dapat membantu kita memahami penurunan neurokognitif atau 'kabut otak' dan manifestasi neuropsikiatri lainnya dari long Covid," katanya. "Kita perlu mulai memikirkan Sars-CoV-2 sebagai virus sistemik yang mungkin hilang pada beberapa orang, tetapi pada orang lain dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan menghasilkan gejala Covid yang panjang, sebuah gangguan sistemik multifaset." ***(Sumber dan Foto: The Straits Time/Bloomberg)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER