Chef dan Food Blogger; Berbagi Tips Masak Cepat & Higienis di Akun Medsos

Chef dan Food Blogger; Berbagi Tips Masak Cepat & Higienis di Akun Medsos

Chef dan Food Blogger; Berbagi Tips Masak Cepat & Higienis di Akun Medsos

Bisa jadi ide mengisi waktu di rumah

Surabaya, Kabarindo- Masih banyak orang yang harus work from home (WFH) saat ini. Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bisa menimbulkan kejenuhan.

Apa yang bisa dilakukan? Melakukan kegiatan di luar pekerjaan rutin atau menyalurkan hobi, misalnya memasak. Bagi yang hobi menikmati kuliner, memasak bisa menjadi salah satu cara untuk refreshing dari rutinitas pekerjaan harian, namun tetap santai. Bagi yang ragu membeli masakan siap santap dari luar, mengapa tidak memasak sendiri? Pada masa pandemi, higienitas merupakan faktor penting yang harus diperhatikan, termasuk halnya makanan.

Bagi mereka yang merasa tidak jago masak, sekarang sudah banyak tersedia menu makanan siap masak dari resto-resto. Layanan GoFood Indonesia menawarkan kategori Siap Masak (ready to cook) yang bisa dipilih dari bermacam resto. Menu-menu tersebut bisa diolah dengan waktu saji kurang dari 10 menit. Berikut beberapa ide dari chef dan food blogger tanah air yang memanfaatkan menu siap masak.

Ada Crispy Chicken Salad dengan ayam siap masak ala Chef Arnold Poernomo. Selagi menyiapkan salad dengan bahan sayuran seperti daun bawang, daun selada, daun bayam, timun dan lemon, Chef Arnold menggoreng ayam ungkep yang sudah dibumbui. Untuk dressing salad, ia menggunakan sambal teri.

“Kalian bisa berkreasi dengan menu favorit siap masak. Semuanya gampang. Masaknya 5 menit, makannya 5 menit. Bukan masaknya 2 jam, makannya 5 menit,” ujarnya.

Ada lagi Nasi Goreng Siomay ala Chef Karen Karlotta yang juga pemilik Union Group. Ia membuktikan nasi goreng dan siomay bisa disatukan menjadi makanan lezat. Frozen Siomay digoreng dengan bahan-bahan seperti telur, nasi dan bumbu andalan.

“Bikin nasi goreng siomay gampang dan cepat. Siomay-nya sudah setengah jadi. Tinggal dicampur sama bahan-bahan di rumah. Yummmy!” ujarnya.

Sedangkan Chef Adhika Maxi yang juga pemilik Union Group memberikan resep Beef Barbeque Cheese Sandwich. Ia menunjukkan mudahnya membuat sandwich dengan bahan roti tawar, parutan keju mozarella, mentega dan beef barbeque siap masak.

“Dagingnya saya beli yang siap masak. Tinggal dipanaskan dan saya kreasikan dengan roti dan mozarella,” ujarnya.

Sandwich ini bisa jadi ide untuk makan cepat saat sarapan, makan siang, makan malam maupun sebagai bekal jika ingin sekadar menikmati pemandangan di taman bermain di sekitar rumah.

Ada pula Mie Cobek Gepuk kreasi Food Blogger Mgdalenaf yang dikenal suka makanan pedas. Ia menggunakan dua bahan utama, daging sapi gepuk dan mie instan. Ia memesan gepuk frozen yang siap masak. Tinggal dikreasikan dengan sambal dan mie, jadi tambah enak. Dengan bermodalkan dua bahan utama ditambah bumbu favorit seperti bawang dan tentunya cabai, Mgdalenaf terlihat lahap menyantap hasil karyanya langsung di atas cobek sebagai wadah dia mencampur daging gepuk dan sambal.

Selain rekomendasi menu di atas, jenis menu yang tersedia di kategori Siap Masak adalah paket makanan Meal Kit yang merupakan satu paket menu terdiri dari beberapa bahan yang dapat langsung dimasak. Contoh paket dory fillet 1 kg + tepung crispy. Ada pula paket makanan Frozen Food, yaitu makanan beku yang siap dimasak dan disantap seperti bakso, chicken nugget dan lain-lain. Juga paket makanan Ready to Heat, yaitu makanan yang tinggal dihangatkan sebelum disantap.

Layanan kategori Siap Masak ini akan tersedia secara bertahap di sejumlah kota. Untuk tahap pertama, tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Palembang, Makassar, Semarang, Medan, Bali, Yogyakarta, Malang, Lampung, Solo dan Pekanbaru. Selanjutnya akan diperluas ke kota-kota lain.

Pelanggan GoFood tidak perlu khawatir ketika memesan kuliner favorit, karena para mitra selalu menjaga higienitas dengan menggunakan masker dan mencuci tangan secara rutin ketika menyiapkan makanan di dapur, mengemas makanan dengan segel pengaman, dilengkapi kartu penanda suhu karyawan hingga pengantaran tanpa kontak langsung driver yang secara rutin menjaga kebersihan diri dan kendaraan serta suhu tubuh yang sudah dicek.

Penulis: Natalia Trijaji