Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > "Business Super Ecosystem" Jadi Fokus Utama Bhinneka pada 2021

"Business Super Ecosystem" Jadi Fokus Utama Bhinneka pada 2021

Ekonomi & Bisnis
Oleh : Rian Asmoro

BAGIKAN :
"Business Super Ecosystem" Jadi Fokus Utama Bhinneka  pada 2021

KABARINDO, JAKARTA — Sepanjang 2021 menjadi tahun penting bagi ekonomi digital Indonesia. Pemerintah Indonesia gencar melakukan transformasi digital. Bahkan, Kementerian Keuangan memprediksi potensi nilai meningkat delapan kali lipat, yaitu dari Rp 632 triliun menjadi Rp 4.531 triliun.

Secara proaktif, Bhinneka—pionir e-commerce di Indonesia—turut menjalankan tanggung jawab tersebut, khususnya dengan cara membangun business super ecosystem yang menjadi fokus utama sepanjang tahun 2021.

Dalam siaran persnya, awal pekan ini, pihak Bhinneka menyatakan bahwa perjalanan Bhinneka membangun business super ecosystem di sepanjang tahun 2021 telah mencatatkan sejumlah kontribusi signifikan terhadap ekonomi digital Indonesia. Kontribusi ini mencakup segala segmen pelaku bisnis dan instansi;  dari UMKM; akademisi; asosiasi; perusahaan swasta; hingga pemerintah kota.

Adapun UMKM menjadi salah satu segmen yang menjadi perhatian Bhinneka karena memiliki potensi kontribusi yang integral pada ekonomi Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, pada tahun 2020 UMKM telah berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 60,51 persen atau senilai Rp 9.580 triliun. Potensi tersebut juga dimaksimalkan bersama lebih dari 1.500 mitra UMKM terkurasi, termasuk binaan pemerintah daerah yang berkolaborasi dengan Bhinneka melalui berbagai inisiatif.

Terhubung

Ribuan UMKM yang dinaungi inisiasi kerja sama Bhinneka dengan tiga pemerintah daerah yang lebih dulu terhubung. Ketiga pemda tersebut ialah Pemkot Mojokerto, Pemkot Ternate, dan Pemkot Surakarta. Bersama pemerintah kota tersebut, Bhinneka membangun mini-marketplace yang menjadi wadah UMKM lokal mengakselerasi transformasi digital serta memasuki ranah ekonomi formal dengan memanfaatkan platform Bhinneka.

Melalui kerja sama dengan pemerintah daerah tersebut, Bhinneka mempermudah pengadaan barang dan jasa melalui layanan e-Procurement, termasuk juga untuk produk UMKM lokal melalui platform Bela Pengadaan. Seperti yang tercatat di situs Bela Pengadaan, Bhinneka berada di posisi lima besar mitra pemerintah dengan total nilai transaksi pengadaan pemerintah mencapai Rp 513.797.861 (per 24 Desember 2021).

Terlepas dari itu, tingkat kesuksesan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang dilayani oleh Bhinneka mencapai 87 persen. Angka tersebut turut menyumbang keseluruhan nilai transaksi Bhinneka untuk pengadaan barang dan jasa, serta kategori produk Maintenance, Repairs, and Operations bagi pemerintah, swasta, dan usaha lain.

Secara spesifik, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berkontribusi besar dalam angka ini. Bhinneka membantu pengadaan 100.000 laptop bagi hampir 9000 sekolah PAUD, SMP dan SMA seluruh Indonesia.

Instansi lain yang merasakan manfaat langsung dari transformasi business super ecosystem adalah perguruan tinggi, melalui platform campus marketplace.

Instansi lain yang merasakan manfaat langsung dari transformasi business super ecosystem adalah perguruan tinggi, melalui platform campus marketplace. Sepanjang 2021,  ada enam perguruan tinggi yang mewadahi kewirausahaan mahasiswa dan civitas academica-nya bersama Bhinneka, yaitu Universitas Bunda Mulia (UBM), Jakarta - biemersshop.bhinneka.com; President University (PresUniv), Cikarang - setsail.bhinneka.com; Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta - uiigerai.bhinneka.com; Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) - upnvjstore.bhinneka.com; dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) - efhbis.bhinneka.com.

Seluruh solusi bisnis yang dihadirkan Bhinneka bertujuan untuk mengembangkan mitra UMKM untuk #JadiJuara, termasuk dalam memenuhi kebutuhan konsumen dalam berbagi momentum. Salah satunya seperti Harbolnas 12.12 yang menjadi momentum signifikan mendorong tingkat transaksi dan belanja masyarakat Tanah Air.

Daya beli masyarakat Indonesia kian membaik, dan diharapkan mampu semakin mendorong roda ekonomi nasional untuk merealisasikan potensi ekonomi digital. Sebagai pionir e-commerce di Indonesia, dan fokus pada pasar B2B, Bhinneka telah mengambil sejumlah inovasi, inisiasi, dan langkah proaktif melalui transformasi business super ecosystem demi memastikan ekosistem ekonomi digital sebaik mungkin, serta menjadi business enabler bagi pelaku bisnis, UMKM, swasta, hingga instansi pemerintah. Hasil positif di tahun 2021 akan menjadi motivasi tambahan bagi Bhinneka dan seluruh pemangku kepentingan untuk kian menghadirkan gebrakan pada industri di tahun mendatang. *


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER