Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Bus Mania, Inilah Karoseri Bus yang Bisa Angkut Penumpang dan Sepeda Motor

Bus Mania, Inilah Karoseri Bus yang Bisa Angkut Penumpang dan Sepeda Motor

Ekonomi & Bisnis | Kamis, 3 Februari 2022 | 15:03 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Bus Mania, Inilah  Karoseri Bus yang Bisa Angkut Penumpang dan Sepeda Motor

KABARINDO, JAKARTA- Bus antar kota antar provinsi atau AKAP, banyak manfaatnya bagi pergerakan ekonomi dan transportasi di Indonesia. Bus AKAP tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi manusia, tapi bisa untuk mengirim barang.

Bahkan, tidak jarang ditemui banyak bus-bus yang mampu mengangkut sepeda motor. Dahulu, sepeda motor tersebut akan diletakkan pada bagian atap bus atau di dalam kabin. Ini jelas berbahaya dan mengganggu kenyamanan penumpang.

Namun, kini seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, banyak perusahaan karoseri bus di Indonesia yang mulai menghadirkan bus-bus dengan bagasi besar dan mampu menampung sepeda motor pada bagian bawahnya.

Beberapa karoseri bus mana saja yang memiliki bagasi besar dan mampu menampung sepeda motor, ini dia:

Laksana - Legacy SR2 XHD Prime

Pertama ada karoseri Laksana yang memiliki bodi bus dengan bagasi lapang dan diberi nama Legacy SR2 XHD Prime. Sesuai dengan jenisnya, yaitu XHD atau Xtra High Decker, bus ini memang memiliki dek atau kabin yang lebih tinggi di bagian dalamnya dibandingkan bus biasa. Karena untuk mengakomodir kapasitas bagasi yang lebih lapang pada bagian bawahnya. Dengan kapasitas bagasi yang lebih lapang, body Legacy SR2 XHD Prime ini diklaim mampu menampung 3 hingga 4 sepeda motor pada bagian bagasinya.

Bicara spesifikasinya, bodi bus Legacy SR2 XHD Prime ini memiliki 2 pilihan kapasitas kursi. Ada kapasitas 47 penumpang dengan konfigurasi kursi 2-2, lalu ada juga kapasitas 59 penumpang dengan konfigurasi 2-3. Kapasitas itu tentu masih bisa dikurangi tergantung kebutuhan dari masing-masing perusahaan otobus.

Saat ini, ada beberapa perusahaan otobus yang tercatat memiliki bodi bus berbagasi sepeda motor ini, seperti PO Sumber Alam, PO Rapi, PO Sudiro Tungga Jaya, PO Putra Remaja, dan PO SAN.

Laksana - Legacy Sky SR2 Transporter

Masih dari karoseri Laksana, ada bodi bus selanjutnya yang bertipe Legacy Sky SR2 Transporter. Berbeda dengan XHD Prime, ini merupakan model versi terdahulu dari XHD Prime dan memiliki posisi kabin penumpang yang lebih rendah.

Kendati punya posisi kabin penumpang yang lebih rendah, bodi bus ini tetap mampu mengangkut sepeda motor sebanyak 3 hingga 4 unit. Bodi bus ini bisa dikombinasikan dengan beberapa jenis sasis, salah satunya Mercedes-Benz OH 1626.

Dari segi dimensinya, Legacy Sky SR2 Transporter ini memang lebih pendek dan lebih rendah dibandingkan SR2 XHD Prime. Berdasarkan beberapa sumber yang ada, bodi bus ini memiliki panjang sekitar 12,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,7 meter.

Adi Putro - Jetbus 3+ UHD

Selanjutnya ada karoseri asal Malang, Adi putro, yang juga memiliki bodi bus berbagasi besar dan mampu memuat sepeda motor. Khusus bodi bus milik Adiputro ini diberi nama Jetbus 3+ UHD atau Ultra High Decker.

Bila menelisik pada situs resminya, bodi bus ini memiliki panjang 13,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi hingga 4 meter. Sama seperti bus XHD Prime milik Laksana, kabin penumpang pada bodi bus Jetbus 3+ UHD ini juga terletak lebih tinggi di bagian atas. Sementara bagian bawahnya, dikhususkan bagi ruang bagasi dan bisa menampung motor bahkan mobil sedan.

Lalu untuk kapasitas angkutnya, bodi Adi putro Jetbus 3+ UHD ini diklaim mampu menampung penumpang dengan kapasitas berkisar 48 orang hingga 59 orang. Tergantung pada kebutuhan dan keinginan dari masing-masing perusahaan otobus.

Untuk bodi ini sendiri hanya bisa mengakomodir sasis-sasis berjenis tronton, seperti Mercedes-Benz 2542, Scania K410i, dan Volvo B11R. Kini, sudah cukup banyak perusahaan-perusahaan otobus yang menggunakan bodi bus UHD ini pada armada mereka, seperti PO Gunung Harta, PO Sudiro Tungga Jaya, PO Sempati Star, dan PO Rosalia Indah.

Adiputro - Jetbus 3+ SHD

Berikutnya masih dari karoseri Adiputro, ada bodi bus lainnya yang juga bisa menampung sepeda motor, yakni bodi bus Jetbus 3+ SHD atau Super High Decker. Kendati sama-sama mampu menampung sepeda motor, ada perbedaan dimensi antara Jetbus 3+ UHD dan SHD.

Pada Jetbus 3+ SHD ini memiliki dimensi panjang 12 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,85 meter. Dimensi itu sedikit lebih pendek dan rendah bila dibandingkan Jetbus 3+ UHD.

Kendati punya dimensi yang lebih pendek dan rendah, bus ini memiliki kapasitas angkut penumpang yang sama seperti Jetbus 3+ UHD, yakni berkisar 48 hingga 59 orang. Untuk bodi bus SHD ini, sudah digunakan oleh beberapa perusahaan otobus, seperti PO Pandawa87, PO Gunung Harta, PO Maju Lancar, PO Muji Jaya, PO Sempati Star, hingga PO ALS.

Tentrem - Avante D1 UHD

Berikutnya ada karoseri asal Malang lainnya, yakni Tentrem yang juga memiliki bodi bus dengan bagasi lapang berjenis Avante D1 UHD atau Ultra High Decker. Sama seperti bodi bus berbagasi lapang lainnya, bodi Avante D1 UHD ini juga memiliki kabin penumpang yang lebih tinggi dari ruang pengemudi.

Ini dikarenakan untuk memberikan ruang bagasi yang lebih lega pada bagian bawahnya. Dari segi dimensi, bodi bus Avante D1 UHD ini memiliki panjang sekitar 13,5 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 4,08 meter. Ini tidak jauh berbeda dengan dimensi Jetbus 3+ UHD milik Adi Putro.

Saat ini, bodi bus UHD milik karoseri Tentrem ini baru digunakan oleh PO Harapan Jaya. Pada edisi perdananya ini, bodi Avante D1 UHD memiliki kapasitas angkut sekitar 24 penumpang dengan konfigurasi kursi jumbo 2-2.

Tidak hanya itu, bus ini juga dibekali dengan beberapa fitur unggulan seperti kursi pijat, toilet, audio video on demand, hingga spion kamera.

Sumber: Kumparan,com
foto: otodriver


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER