Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > BI Jatim Siapkan Uang Rp.11,30 Triliun, Penuhi Kebutuhan Nataru Masyarakat

BI Jatim Siapkan Uang Rp.11,30 Triliun, Penuhi Kebutuhan Nataru Masyarakat

Ekonomi & Bisnis | Selasa, 12 Desember 2023 | 23:41 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
BI Jatim Siapkan Uang Rp.11,30 Triliun, Penuhi Kebutuhan Nataru Masyarakat

BI Jatim Siapkan Uang Rp.11,30 Triliun, Penuhi Kebutuhan Nataru Masyarakat

Jelang momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Surabaya, Kabarindo– Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timu (BI Jatim) menyiapkan uang sebesar Rp.11,30 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai menjelang hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jatim, Doddy Zulverdi, mengatakan jumlah uang yang disiapkan tersebut sesuai dengan proyeksi kebutuhan uang masyarakat menjelang kedua momen besar pada akhir tahun ini yang mencapai Rp.11,30 triliun.

“Kebutuhan uang tunai saat Nataru ini di Jatim diprediksi mencapai Rp.11,30 triliun,” ujarnya dalam Bincang Bareng Media (BBM) pada Selasa (12/12/2023).

Doddy menyebutkan, proyeksi outflow jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebesar Rp.11,30 triliun atau 99,8% year to year (yty). Angka ini menurun dibandingkan realisasi outflow pada 2022 sebesar Rp.11,33 triliun.

“Penurunan tersebut sejalan dengan semakin berkembangnya transaksi digital di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Doddy menjelaskan, strategi pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan antara lain dengan pengiriman uang secara front loading kepada satker kas di Jatim yaitu KPwBI Malang, KPwBI Kediri dan KPwBI Jember.

Doddy mengatakan, BI Jatim telah mendorong perbankan memberikan layanan penarikan/penukaran uang kepada masyarakat secara optimal, serta memastikan mesin ATM/CRM terisi dan beroperasi dengan baik.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Bandoe Widiarto, menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan perbankan di Jatim untuk melakukan penagihan kepada BI Jatim hingga tanggal 27 Desember 2023.

“Kami mendorong perbankan di Jatim untuk segera melakukan penagihan ke BI, karena tanggal 27 Desember merupakan hari operasional terakhir pada tahun ini,” ujarnya.

Bandoe menambahkan, BI Jatim juga telah menyiapkan sistem BI fast beroperasi selama 24 jam setiap hari agar dapat dimanfaatkan masyarakat selama momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER