Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > BI Jatim Siapkan Rp.24,5 Triliun, Penuhi Kebutuhan Uang Masyarakat Jelang Idul Fitri

BI Jatim Siapkan Rp.24,5 Triliun, Penuhi Kebutuhan Uang Masyarakat Jelang Idul Fitri

Ekonomi & Bisnis | Sabtu, 25 Maret 2023 | 16:18 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
BI Jatim Siapkan Rp.24,5 Triliun, Penuhi Kebutuhan Uang Masyarakat Jelang Idul Fitri

BI Jatim Siapkan Rp.24,5 Triliun, Penuhi Kebutuhan Uang Masyarakat Jelang Idul Fitri

Surabaya, Kabarindo- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur telah menyiapkan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah di Jatim sebesar Rp.24,5 triliun atau meningkat 8,4% dibandingkan realisasi pada 2022 sebesar Rp.22,6 triliun.

Hal ini disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, dalam Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023 di Kantor BI Jatim pada Sabtu (25/3/2023).

Ia mengatakan, penyediaan uang dalam jumlah sangat besar tersebut sejalan dengan perbaikan pertumbuhan ekonomi, peningkatan mobilitas masyarakat dan kegiatan mudik jelang Idul Fitri 2023.

“Dari Rp. 24,5 triliun tersebut, disiapkan untuk Surabaya sebesar Rp.12,6 triliun, meningkat 11,5% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp.11,3 triliun,” ujarnya.

BI Jatim meluncurkan sejumlah layanan penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui drive thru, kas keliling ritel dan perbankan, BI Jatim menyediakan layanan drive thru mulai 25 Maret - 16 April 2023, setiap Sabtu dan Minggu di halaman kantor BI Jatim. Terdapat 2 sesi layanan yang masing-masing akan melayani 1.000 penukar. Sesi I pada pukul 09.30 - 11.30 WIB, sesi II pada pukul 13.00 - 15.00 WIB. Kuota penukaran maksimal senilai Rp.3,8 juta untuk setiap penukar.

Untuk memudahkan masyarakat, BI Jatim bekerja sama dengan perbankan membuka 500 titik layanan penukaran di seluruh kantor perbankan wilayah kerja BI Jatim. Loket penukaran di bank umum buka setiap Selasa - Kamis pukul 08.30 - 11.30 WIB, sedangkan di BPR buka setiap Senin dan Jumat pukul 08.30 - 11.30 WIB.

Pada tahun ini, BI Jatim memperluas area layanan kas keliling ritel di sejumlah jalur yang akan dilalui pemudik, antara lain di rest area tol dan pos mudik gratis Dishub Jatim melalui sistem penukaran menggunakan aplikasi (PINTAR) maupun non aplikasi. Layanan penukaran uang juga disediakan bagi peziarah di area 5 makam wali songo Jatim yaitu di makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Giri Gresik, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Gresik dan Sunan Bonang Tuban.

Guna meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi penukaran, masyarakat didorong untuk menggunakan QRIS dan EDC di loket. BI Jatim secara aktif dan konsisten berinovasi dalam mengakselerasi adopsi pembayaran digital, salah satunya melalui QRIS Experience sebagai bagian dari pre-event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023.

Melalui layanan ini, masyarakat yang menukar uang di drive thru dapat mengikuti amazing race edukasi transaksi digital, mengisi survei layanan QRIS dan berdonasi untuk tempat ibadah sebesar Rp.2.503 berhadiah minyak goreng. Filosofi QRIS Rp 2.503 adalah untuk mengabadikan momentum pelaksanaan kegiatan Kick Off SERAMBI Jatim 2023 yang bertepatan pada 25 Maret 2023.

“BI Jatim konsisten dalam menyediakan layanan prima dan inovatif melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholders untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah masyarakat Jatim menjelang HBKN. Hal ini perlu diharmonisasikan dengan edukasi CBP (Cinta, Bangga dan Paham) Rupiah agar masyarakat dapat lebih bijak dalam berbelanja,” ujar Budi.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER