Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > BI Jatim Perluas Penggunaan QRIS pada Transportasi Publik

BI Jatim Perluas Penggunaan QRIS pada Transportasi Publik

Ekonomi & Bisnis | Kamis, 17 Agustus 2023 | 23:42 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
BI Jatim Perluas Penggunaan QRIS pada Transportasi Publik

BI Jatim Perluas Penggunaan QRIS pada Transportasi Publik

Promo Rp.78 untuk naik Trans Jatim, Suroboyo Bus dan Wira-Wiri, rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78

Surabaya, Kabarindo- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (BI Jatim) memperluas penggunaan QRIS pada sektor transportasi publik.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Doddy Zulverdi, mengatakan hal itu dilakukan dalam rangka Pekan QRIS Nasional 2023 yang dicanangkan oleh BI pusat dan untuk efisiensi transaksi pembayaran.

Untuk itu, BI Jatim menggandeng Dinas Perhubungan Jawa Timur dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya guna mendorong masyarakat memanfaatkan QRIS saat melakukan pembayaran ketika naik Trans Jatim, Bus Suroboyo dan Wira-Wira.

Doddy mengatakan, penggunaan QRIS untuk transportasi publik di Surabaya perlu ditingkatkan. Kontribusi dan penggunaannya bila dihitung bersama penggunaan QRIS di tol dan e-parkir sudah cukup besar dan terus meningkat, namun masih di bawah kontribusi dari penggunaan QRIS untuk transaksi belanja di merchant-merchant.

Ia menambahkan, pembayaran dengan QRIS juga perlu diterapkan untuk masuk tempat-tempat wisata dan perlu disosialisikan kepada Masyarakat luas.

“Diharapkan masyarakat tidak lagi memakai uang tunai dan akan terbiasa menggunakan QRIS,” ujar Doddy dalam peluncuran promo QRIS Rp.78 untuk transportasi publik yang berlangsung di Kantor BI Jatim pada Kamis (17/8/2023).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan pelaksanaan Pekan QRIS Nasional dan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Kegiatan Pekan QRIS Nasional sudah dimulai pada Senin (14/8/2023) dalam kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pelindungan Konsumen: Penguatan Pelindungan Konsumen di Era Digitalisasi Sistem Pembayaran.

Promo QRIS Rp.78 untuk transportasi publik hanya berlaku pada Kamis (17/8/2023). Peluncuran promo dilakukan secara simbolis oleh Doddy dengan membuka stiker bertulisan hastag #ayonganggoQRIS pada badan bus Trans Jatim dan mobil Wira-Wira.

Doddy mengatakan, BI Jatim akan menggelar pasar rakyat pada Sabtu (19/8/2023) di Tugu Pahlawan sebagai rangkaian kegiatan selanjutnya.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER