Berkebun Saat Pandemi?; Berikut Tips untuk Pemula

Berkebun Saat Pandemi?; Berikut Tips untuk Pemula

Berkebun Saat Pandemi?; Berikut Tips untuk Pemula

Ada tips memilih tanaman

Surabaya, Kabarindo- Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak orang yang work from home (WFH) atau bekerja paro waktu. Hal ini membuat banyak orang mencari kesibukan atau menekuni hobi baru.

Ada yang bersepeda, memelihara ikan cupang yang sedang tren dan yang digandrungi saat ini adalah berkebun di rumah. Entah berkebun sayuran untuk dikonsumsi ataupun mengoleksi tanaman hias yang daunnya cantik-cantik. Melihat tanaman yang hijau, segar dan cantik sangat menyenangkan, menyejukkan hati dan pikiran serta mampu membuat rileks.

Bagi anda yang ingin mulai berkebun, berikut ini tips dari Jenius untuk memelihara tanaman hias di rumah

1. Komitmen

Sebelum memilih tanaman hias untuk bercocok tanam, kita perlu menetapkan komitmen dulu. Apakah bisa menyiram tiap hari? Apakah bisa memindahkan pot demi pot agar terkena sinar matahari pagi? Apakah bisa memantau daun-daun yang menguning dan harus digunting?

Komitmen ini penting untuk menentukan jenis tanaman hias yang bisa diadopsi. Jika anda sehari-hari bekerja dari rumah dan siap untuk mengurus tanaman pada pagi dan sore hari, maka bisa memelihara hampir semua tanaman hias. Misalnya, segala jenis philodendron, monstera ataupun anthurium.

Namun jika anda sering beraktivitas di luar hingga ke luar kota dan agak sulit memantau perkembangan tanaman setiap hari, maka kaktus, lidah mertua dan sukulen adalah jenis tanaman hias yang dapat menjadi pilihan.

2. Penempatan tanaman hias

Rumah anda menghadap mana? Timur, barat atau selatan? Semua tanaman butuh sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis alias untuk makan. Yang membedakan, seberapa banyak mereka membutuhkannya.

Misalnya, tanaman sirih gading tidak perlu sinar yang banyak, sehingga bisa diletakkan di indoor dan ditanam di vas berisi air saja. Namun tanaman indoor harus dikeluarkan secara berkala untuk mendapat sinar matahari dan angin yang cukup demi pertumbuhan optimal. Jika rumah anda terkena limpahan sinar matahari pagi, bersyukurlah, karena ini yang terbaik bagi tumbuhan.

3. Luas lahan

Jangan biarkan lahan sempit memupuskan keinginan anda untuk berkebun. Anda bisa merawat tanaman hidroponik, memakai rak gantung ataupun meletakkan tanaman di dalam rumah atau apartemen. Namun tentu saja bukan tanaman yang sangat besar.

4. Pilih tanaman yang anda suka

Sebelum memilih tanaman, betulkah jenis itu yang anda inginkan? Apakah anda memang suka? Apakah anda cocok untuk merawatnya? Jangan sampai karena banyak orang yang memelihara daun monstera, anda merasa wajib untuk memilikinya. Jadi meskipun tanaman itu tidak hits, namun anda menyukainya, jangan ragu-ragu untuk memeliharanya.

5. Sesuaikan dengan bujet

Berapa bujet yang anda miliki dan ingin anda belanjakan untuk membeli tanaman? Jangan sampai melupakan tanggung jawab untuk hal-hal yang lebih penting. Pastikan tersedia makanan di meja makan, biaya sekolah anak aman, listrik di rumah menyala dan air PDAM jalan. Anda tak ingin kan, pas menyiram tanaman tiba-tiba air mati karena nunggak pembayaran?

Penulis: Natalia Trijaji