Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Berikut Daftar Partai Partai yang Mendukung Gajar Pranowo sebagai Capres 2024

Berikut Daftar Partai Partai yang Mendukung Gajar Pranowo sebagai Capres 2024

Hukum & Politik | Rabu, 26 April 2023 | 19:53 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Berikut Daftar Partai Partai yang Mendukung Gajar Pranowo sebagai Capres 2024

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo resmi maju sebagai calon presiden (Capres) dalam pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 setelah mendapat dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Keputusan partai berlambang banteng itu untuk mengusung Ganjar sebagai Capres untuk Pilpres 2024 diumumkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam rapat DPP PDIP Ke-140 di Istana Batutulis, Bogor pada Jumat, 21 April 2023.

"Dengan mengucap bismillahirohmannirohim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasan sebagai calon presiden RI dari PDIP," ujar Megawati dalam pengumuman tersebut.

Selain PDIP, Ganjar juga mendapat dukungan dari tiga partai lain, yaitu:

PSI

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah mendukung Ganjar sebagai Capres bahkan sebelum PDIP mengumumkan keputusannya. Dukungan PSI kepada Ganjar disampaikan partai itu usai polling Rembuk Rakyat pada Oktober 2022.

"Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie pada Senin, 3 Oktober 2022.

Hanura

Partai Hanura juga mendeklarasikan dukungannya untuk Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, yang akrab disapa Oso, mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki peran dalam keputusan partainya mendukung Ganjar.

"Dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Hanura Tahun 2022, kami menyatakan akan menentukan (bakal capres) yang dicalonkan dan menjadi pilihan beliau (Presiden Joko Widodo). Saya ikut mendukung Ganjar," kata Oso di Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Dia mengatakan seluruh DPD Partai Hanura se-Indonesia sepakat mendukung Ganjar sebagai bakal capres Pemilu 2024. Oso berharap dia dapat berkomunikasi secara langsung dengan Ganjar.

"Kami sudah koordinasi dengan DPD Partai Hanura, mereka serempak menyambut dan setuju mendukung Ganjar Pranowo. Kalau mendukung jangan setengah-setengah, karena harus pakai hati nurani," jelasnya.

PPP

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah mengumumkan akan mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres pada Pilpres 2024. Dukungan itu diumumkan Plt Ketua Umum PPP Mardiono pada Rapimnas V PPP di Kabupaten Sleman, DIY, Rabu (26/4/2023).

"Memutuskan Bapak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilihan Umum 2024," katanya.

Mardiono menjelaskan bahwa PPP ingin melanjutkan dukungan politik pada Ganjar untuk melanjutkan estafet kepemimpinan pada 2024-2029. Selain itu, Ganjar berasal dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) yang memiliki visi sama dengan PPP, serta merupakan salah satu tokoh dengan elektabilitas teratas di antara figur lain yang mungkin mencalonkan diri sebagai Capres.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER