Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Beberapa Kota yang Diazab Tuhan, Bukti dan Sejarahnya

Beberapa Kota yang Diazab Tuhan, Bukti dan Sejarahnya

Internasional | Jumat, 11 Februari 2022 | 10:32 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Beberapa Kota yang Diazab Tuhan, Bukti dan Sejarahnya

KABARINDO, JAKARTA- Ternyata ada beberapa kota maksiat yang konon katanya pada zaman dahulu pernah diazab oleh Tuhan. Mungkin kita pernah mendengar kisah tentang Negeri Kaum Sodom dan Gomorah yang dihancurkan oleh Tuhan lantaran memiliki perilaku seksualitas yang menyimpang. Bahkan, kisah ini sampai tertulis di dalam Al Quran surat Hud. Diceritakan bahwa Nabi Luth diutus untuk memberikan petunjuk kepada umatnya. Akan tetapi, umatnya ingkar sehingga Allah SWT pun menghukum negeri tersebut. Nah, menyadur dari Britannica dan sumber lain, berikut ulasan mengenai kota maksiat yang pernah diazab Tuhan. 

1. Kota Pompeii

Pompeii merupakan salah satu kota maksiat yang ada di zaman Romawi kuno dan menjadi puing dekat kota Napoli yang saat ini terletak di kawasan Campania, Italia. Pompeii dipercaya terkena azab dari Tuhan, karena kota ini dikenal dengan kemerosotan moral di masa kekaisaran Romawi. Bukan hanya itu saja, Pompeii juga dikenal sebagai salah satu kota maksiat di dunia. Terkenal dengan perilaku seks menyimpang dan sangat marak mengumbar berbagai kegilaan dan kemewahan duniawi. 

Pergaulan bebas terjadi di kota ini, mulai dari lawan jenis dan sejenis yang nyaris jadi kebiasaan masyarakatnya. Kota ini hancur karena letusan gunung Vesuvius pada 79 M. Debu letusan gunung tersebut menimbun kota Pompeii dan semua penghuninya terkubur sedalam beberapa meter sampai mengakibatkan kota ini hilang selama 1.600 tahun sebelum ditemukan kembali secara tidak sengaja.  Tampak ada jasad-jasad manusia yang diawetkan oleh abu letusan gunung dengan berbagai bentuk. Setelah itu, penggalian terus dilakukan di kota ini sampai memberikan pandangan yang sangat luas biasa tentang kehidupan sebuah kota di puncak kejayaan Kekaisaran Romawi.

2. Kota Sodom

Pernah mendengar kisah Nabi Luth? Menurut cerita yang beredar tentang perilaku menyimpang dari Kaum Sodom dan Gomorah dilaksanakan di kawasan Laut Mati. Ketika itu, tempat tersebut dihujani dengan batu belerang yang panas dan terkubur selama ribuan tahun. Laut Mati sendiri adalah sebuah tempat paling rendah yang ada di muka bumi.  Tingkat keasinan di Laut Mati bisa mencapai 28-35%, ketika laut yang lain hanya memiliki 3-6% saja. Laut ini berada di area Lembah Yordan yang berbatasan langsung dengan Yordania dan Palestina. Para ahli mengatakan bahwa tahun 1800-2350 SM ada kehidupan di tempat tersebut. Para arkeolog juga mengatakan bahwa kehidupan itu mati karena gempa dan bebatuan yang menimpa mereka. 

3. Negeri Kaum Ad

Negeri Kaum Ad adalah kota maksiat berikutnya yang berada di Pegunungan Yaman, tepatnya terletak di antara Amman dan Hadramaut, di wilayah daratan yang menjorok ke laut dengan nama Asy-Syihr. Hampir seluruh Kaum Tsamud, para penduduk Ad dibinasakan oleh Allah SWT.  Hal ini karena mereka hanya mengikuti hawa nafsu saja dan tidak pernah merasakan kepuasan atas segala kemewahan dan kemegahan yang diperoleh. Karena itu, mereka diazab oleh Allah SWT dengan angin dingin yang sangat kencang. 

4. Madain Shaleh

Madain Shaleh dihuni oleh sebuah kaum yang diazab suara keras sehingga para penduduknya mati bergelimpangan. Hal ini karena penduduk kota maksiat tersebut tidak mau meninggalkan kebiasaannya dalam menyembah berhala. 
Madain Shaleh sendiri adalah sebuah kota kuno yang berada di bagian utara Hizaz. Zaman dahulu, kota tersebut dihuni oleh kaum Tsamud dan Nabatea, mulai dari zaman Nabi Nuh sampai Nabi Musa. Tahun 2008, Madain Shaleh ditetapkan menjadi situs warisan dunia pertama di Arab Saudi. 

5. Baia

Baia seperti Las Vegas pada zaman Kekaisaran Romawi Kuno dan dijuluki sebagai surga dunia. Sekitar 2.000 tahun yang lalu, di sana kaum kaya dan berkuasa datang untuk memuaskan nafsu duniawi mereka. Orang kaya Romawi menghabiskan akhir mereka di kota tersebut dengan tujuan untuk berpesta pora. 
Mereka yang memiliki kantong tebal dan memiliki kekuasaan membangun vila mewah di sekitar pantai, lengkap dengan spa dan kolam berlapis mozaik keramik yang berkilau untuk memanjakan hasrat terliar. Bahkan, salah satu warga memerintahkan pembangunan nymphaeum, monumen batu yang berbentuk mirip gua dan dipenuhi dengan patung marmer.  Entah karena kutukan Tuhan atau kejadian alamiah. Secara ilmu pengetahuan, kota maksiat ini sudah melewati berbagai perubahan, berbagai peristiwa vulkanik, permukaannya yang naik turun karena panas bumi dan gerak seismik, membuat kota yang satu ini sebagian besar wilayahnya terkubur di bawah laut sampai saat ini. 

6. Laut Merah

Siapa yang tidak kenal dengan kisah Firaun? Seperti yang kita ketahui bahwa Firaun dan pasukannya diazab oleh Allah SWT dengan cara ditenggelamkan di Laut Merah. Laut Merah sendiri menjadi saksi kekuasaan Tuhan dalam menyelamatkan Nabi Musa dari pasukan Firaun yang menjadi raja zalim.  Bahkan, sejumlah penemuan membenarkan tentang kisah tersebut karena bentuk Laut Mati yang mirip seperti membelah lurus dan sudah ditemukan sejumlah bangkai kendaraan kuno yang ada di dasar laut ini. 

Sumber: Viva,co.id

Foto: suar.id
 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER