Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Basarnas Siapkan Dua Helikopter untuk Antisipasi Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

Basarnas Siapkan Dua Helikopter untuk Antisipasi Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

Olahraga | Jumat, 11 Februari 2022 | 13:57 WIB
Editor : Daniswara Kanaka

BAGIKAN :
Basarnas Siapkan Dua Helikopter untuk Antisipasi Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

KABARINDO, MANDALIKA - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyiagakan dua unit helikopter di helipad Medical Center Sirkuit Mandalika, sejak Rabu 9 Februari 2022.

Keberadaan dua helikopter ini guna mendukung penyelenggaraan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit PH mengatakan dua unit helikopter yang disiagakan ini, antara lain Helikopter AW-139/HR-1301 dan Dhoupin AS 365 N3+/HR-3604.

“Kedua helikopter utu sudah terparkir di helipad Medical Center Sirkuit Mandalika,” kata Nanang, Kamis (10/2).

Basarnas Siapkan Dua Helikopter untuk Antisipasi Kecelakaan di Sirkuit Mandalika

Ia mengatakan kedua helikopter tersebut sudah datang sejak Senin (7/2) dan akan disiagakan untuk dioperasikan tak hanya pada pelaksanaan official test MotoGP tanggal 11-13 Februari.

Namun, kedua helikopter ini disiagakan juga akan digunakan untuk penyelenggaraan balap MotoGP pada 18-22 Maret 2022 mendatang.

Basarnas juga telah menggelar simulasi penanganan medis bersama Tim Medical Officer dari penyelenggara MotoGP tersebut.

Simulasi ini dilakukan untuk menyiapkan tim basarnas agar mampu mendukung tim medis untuk memberikan penangan medis secara cepat dan tepat kepada pembalap yang mengalami kecelakaan.

Nanang mengatakan jika nanti ada insiden kecelakaan ketika balapan sedang berlangsung, pembalap akan dibawa oleh tim medis dari lokasi sirkuit ke medical center. Jika nantinya pembalap tersebut membutuhkan penganan medis lebih lanjut, akan dievakuasi melalui jalur udara dengan menggunakan helikopter yang telah disiagakan.

“Itu sebagai bentuk kesiapsiagaan Basarnas dalam membantu proses evakuasi pembalap,” katanya.

Pada gelaran sebelumnya, World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika yang diselenggarakan pada November 2021 lalu, Basarnas juga menyiapkan satu unit helikopter untuk mengevakuasi korban yang membutuhkan penanganan darurat melalui jalur udara.

Sumber: Tempo.co 

Foto: twitter.com/MotoGP, ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER