Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Astra Property Tanam 250 Pohon Buah Langka Asli Indonesia

Astra Property Tanam 250 Pohon Buah Langka Asli Indonesia

Berita Utama | Minggu, 19 Desember 2021 | 19:59 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Astra Property Tanam 250 Pohon Buah Langka Asli Indonesia

Astra Property Tanam 250 Pohon Buah Langka Asli Indonesia

Cegah kepunahan buah langka melalui pengumpulan, pendataan, pembibitan dan penyebarluasan kembali ke masyarakat

Surabaya, Kabarindo- Astra Property telah melakukan penanaman 250 pohon buah langka asli Indonesia melalui Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa) di tepian danau perumahan Asya, di kawasan Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta.

Program tersebut telah dilaksanakan Astra Property untuk ketiga kali. Pranaraksa bertujuan menghindari kepunahan buah langka melalui pengumpulan, pendataan, pembibitan dan penyebarluasan kembali ke masyarakat. Pohon-pohon buah tersebut terdiri dari belimbing dewi, buah mentega, buni, gowok, jambu Madura, jambu kristal, kweni, kelendang, sirsak madu dan sempur.

Wibowo Muljono, Direktur Astra Property, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung kelestarian lingkungan dan inisiatif ESG (Environment, Sustainability & Governance) melalui berbagai program. Selain melalui proyek-proyek properti yang mengusung konsep ramah lingkungan, kepedulian juga diwujudkan melalui Pranaraksa, sebagai upaya decarbonisasi gas emisi rumah kaca perusahaan.

Ia menjelaskan, penanaman pohon tersebut bertujuan untuk konservasi tanaman buah langka dan sebagai upaya meningkatkan penyerapan emisi karbon di lingkungan. Menurut estimasi pada 2022, tanaman berpotensi menyerap 1,3 tCO2e (tonne CO2 equivalent) atau setara dengan emisi yang dihasilkan dari perjalanan 2 mobil pergi-pulang Jakarta-Bali.

“Semoga upaya yang kita lakukan ini dapat memberikan kontribusi positif untuk lingkungan dan masyarakat sekitar,” ujar Wibowo.

Ia memaparkan, Pranaraksa Center Asya memiliki tiga tujuan utama dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat. Pertama, langkah preservasi yang diwujudkan melalui perlindungan keanekaragaman hayati. Kedua, langkah restorasi melalui penghijauan lahan tandus. Selanjutnya pemanfaatan area penanaman pohon buah langka sebagai Pranaraksa Center berbasis Eco Edu Tourism.

Pranaraksa Center Asya berada di lahan seluas 3.683m2 di tepian danau Asya. Asya merupakan proyek township yang dikembangkan oleh Astra Property untuk menghadirkan hunian yang nyaman dan hijau. Memiliki danau seluas 15 ha, Asya memanfaatkan ruang terbuka untuk menjadi area relaksasi keluarga serta membangun area komersial pinggir danau dengan suasana berbeda yang menyatu dengan alam.

Lokasi Pranaraksa diharapkan dapat menjadi pusat pengenalan dan pembelajaran bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang buah-buah asli Indonesia yang saat ini sudah jarang dijumpai.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER