Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > AS Upayakan Gencatan Senjata Meski Tel Aviv Menolak

AS Upayakan Gencatan Senjata Meski Tel Aviv Menolak

Internasional | Kamis, 8 Februari 2024 | 22:26 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
AS Upayakan Gencatan Senjata Meski Tel Aviv Menolak

KABARINDO, JAKARTA -- Mediator dari Amerika Serikat (AS), Qatar dan Mesir berusaha meraih kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas untuk mengakhiri perang di Jalur Gaza yang sudah berlangsung selama empat bulan. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan masih ada harapan kesepakatan akan tercapai.

Blinken mengatakan ia melihat ruang negosiasi dan delegasi Hamas yang dipimpin Khalil Al-Hayya akan berkunjung ke Kairo untuk membahas kesepakatan gencatan senjata dengan negosiator Qatar dan Mesir.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak tawaran terbaru Hamas dan menyebutnya "delisional" sementara Hamas mendorong faksi-faksi bersenjata Palestina untuk terus berperang.

"Jelas ada hal-hal yang tidak bisa diterima dalam apa yang (Hamas) ajukan," kata Blinken di konferensi pers Rabu (7/2/2024) malam di hotel di Tel Aviv, tanpa merinci apa saja yang tidak bisa diterima itu.

"Namun kami juga melihat adanya ruang untuk melanjutkan negosiasi, untuk melihat apakah kami bisa mencapai kesepakatan. Itulah yang ingin kami lakukan," katanya.

Sebelum pulang ke AS, Blinken akan menggelar pertemuan dengan keluarga korban sandera di Israel. Para keluarga sandera mendesak Netanyahu untuk memprioritaskan pembebasan sandera yang dibawa Hamas ke Gaza dalam serangan mendadak 7 Oktober lalu.

Hamas mengusulkan gencatan senjata berlangsung selama empat setengah bulan. Di saat yang sama mereka akan membebaskan sisa sandera yang masih ditawan. Hamas juga meminta Israel akan menarik pasukannya dari Gaza dan kesepakatan untuk mengakhiri perang.

Tawaran Hamas tersebut merupakan tanggapan dari proposal yang disusun kepala intelijen AS dan Israel yang dikirimkan Qatar dan Mesir ke Hamas pekan lalu. Red dari berbagai sumber


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER