Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Apakah Durian Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita? Ini Penjelasannya!

Apakah Durian Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita? Ini Penjelasannya!

Gaya hidup | Kamis, 10 Februari 2022 | 11:39 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Apakah Durian Dapat Meningkatkan Kesuburan Wanita? Ini Penjelasannya!

KABARINDO, JAKARTA- Buah dengan kulit berduri dan aroma menyengat ini dianggap oleh sebagian orang sebagai raja buah.

Selain memiliki rasa yang nikmat, durian ternyata juga bisa memberikan segudang manfaat. Salah satu manfaat durian yang dimaksud adalah untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Manfaat Durian untuk Kesuburan

Berikut ini beberapa alasan mengapa durian disebut bisa meningkatkan kesuburan wanita:

1. Mengandung Estrogen

Durian mengandung kadar estrogen yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini dalam jumlah tepat dan secara teratur disebut bisa membantu mengoptimalkan kadar estrogen di dalam tubuh wanita.

Kadar estrogen yang seimbang dibutuhkan untuk mewujudkan kehamilan yang sehat.

2. Afrodisiak

Durian dapat berperan sebagai afrodisiak. Artinya, buah dengan kulit berduri itu bisa meningkatkan hasrat, gairah, perilaku, kinerja, hingga kesenangan dalam berhubungan seksual. 

Melansir dari Institute of Bioproduct Development Universiti Teknologi Malaysia, durian bisa meningkatkan libido dan stamina seksual, serta mengurangi risiko gangguan kesuburan pada wanita, bahkan pria. 

3. Membantu Menjaga Berat Badan

Durian memiliki serat, mineral, dan air yang tinggi untuk membuat berat badan tetap terjaga. Anda pun tak perlu khawatir dengan kandungan lemaknya. Sebab, lemak dalam durian tergolong dapat menyehatkan tubuh.

Meski begitu, dr.Reza Fahlevi, Sp.A menyampaikan bahwa konsumsi durian tetap harus dibatasi. 

“Boleh dikonsumsi sebelum kehamilan, namun dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Misalnya, hanya dikonsumsi beberapa butir, satu bulan sekali,” kata dr. Reza.

4. Mengobati Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

Salah satu penyebab infertilitas adalah PCOS, yang bisa terjadi akibat resistensi insulin. Keadaan ini berkaitan erat dengan diabetes gestasional.

Di sisi lain, durian memiliki sifat antiradang, antiobesitas, serta antihiperglikemik. Ketiga kandungan itu diyakini bisa melawan sindrom metabolik tersebut.

5. Mengatasi Anemia

Saat mengalami anemia, produksi sel darah merah juga ikut menurun. Hal ini akhirnya dapat menurunkan kemungkinan untuk hamil. 

Kondisi tersebut konon bisa diatasi dengan mengonsumsi durian. Buah ini disebut mengandung asam folat, tembaga, dan besi yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah. 

Saat produksi sel darah merah menjadi normal, gejala anemia pun akan hilang.

Cara Konsumsi Durian yang Aman

Berdasarkan dr. Reza, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi durian setiap hari, apalagi dalam jumlah berlebih. 

Pasalnya, konsumsi durian terlalu sering atau dalam porsi banyak bisa memicu obesitas serta gula darah tinggi. Keduanya tidak baik untuk kehamilan.

Selain itu, Anda juga tidak boleh mengonsumsi durian bersamaan dengan alkohol. Melansir Healthline, senyawa belerang yang ada di dalam durian bisa mencegah enzim yang berfungsi memecah alkohol. 

Oleh karena itu, kadar alkohol dalam darah bisa saja meningkat. Kadar alkohol yang tinggi di dalam darah memicu beberapa gejala, seperti mual, muntah, dan jantung berdebar-debar. 

Satu hal yang perlu diingat, durian tidak bisa berdiri sendiri sebagai penunjang kesuburan Anda. Artinya, selain mengonsumsi durian dengan bijak, Anda pun perlu menerapkan gaya gaya hidup dan pola makan sehat agar kesuburan bisa meningkat.

Sumber: klik dokter

Foto: maxmanroe.com


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER