Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Aneh! TPS di Cengkareng Belum Input Data tapi Hasil Sudah Keluar di Sirekap KPU

Aneh! TPS di Cengkareng Belum Input Data tapi Hasil Sudah Keluar di Sirekap KPU

Hukum & Politik | Selasa, 20 Februari 2024 | 06:42 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Aneh!  TPS di Cengkareng Belum Input Data tapi Hasil Sudah Keluar di Sirekap KPU

KABARINDO, JAKARTA - Peristiwa input data Sirekap disoroti netizen karena menunjukkan hasil penghitungan suara, padahal petugas KPPS belum menginput data.

Informasi ini beredar setelah videonya viral yang menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi di TPS 106 RT 13 RW 07 Kelurahan Cengkareng Barat, Jakarta Barat. Sebelumnya, ketua KPPS TPS 106 telah menjelaskan kepada MNC Portal Indonesia bahwa dirinya telah melaporkan perbedaan suara paslon 02 yang ada di C1 dan aplikasi Sirekap KPU.

Senada dengan Wahyu, Wakil Ketua KPPS TPS 106, Nursisyaf juga membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan bahwa telah melakukan tugasnya sesuai arahan saat bimbingan teknis (bimtek).

“Kronologinya pas penghitungan suara, pas saya masukin Sirekap. Kan yang saya inget waktu bimtek bisa diinput secara manual ya angkanya. Nah, yang presiden nggak bisa, cuma yang DPR RI DPR Provinsi terus DPD bisa diinput secara manual kalau angkanya salah,” kata dia saat dihubungi MNC Portal, Senin (19/2/2024).

Lebih lanjut dia menambahkan, hasil C nggak bakal balance kalau angkanya salah.”Nah udah gitu saya minta usul ke bagian kelurahan, kata kelurahan ya nggak apa-apa pak kirim aja via telegram. Nah hasil C1 semua sama C hasilnya saya kirim semua via telegram,” jelasnya.

Sementara dalam narasi video yang viral di sosial media, disebutkan bahwa data belum diinput tapi sudah ada hasil margin yang dimenangkan oleh pasangan nomor urut 2.

Pada layar itu memperlihatkan kemenangan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan total suara mencapai 713.

Hingga saat ini belum diketahui pasti lamgkah apa yang dilakukan pihak KPU untuk menangani atau membenahi data. Namun yang pasti, pihak KPPS TPS 106 Cengkareng terus mengawal hasil suara pemilih.

“Kalau usaha KPPS untuk mengawal suara pemilih ya dari plano terakhir, hitungan terakhir kan dari pihak KPU di kelurahannya masing-masing,” ujar Nursisyaf.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER