Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > AMD Perluas Jajaran Prosesor Ryzen Embedded, untuk Otomasi Industri Performa Tinggi, Visi Mesin dan Aplikasi Edge

AMD Perluas Jajaran Prosesor Ryzen Embedded, untuk Otomasi Industri Performa Tinggi, Visi Mesin dan Aplikasi Edge

Iptek | Jumat, 17 November 2023 | 11:11 WIB
Oleh : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
AMD Perluas Jajaran Prosesor Ryzen Embedded, untuk Otomasi Industri Performa Tinggi, Visi Mesin dan Aplikasi Edge

AMD Perluas Jajaran Prosesor Ryzen Embedded, untuk Otomasi Industri Performa Tinggi, Visi Mesin dan Aplikasi Edge

Surabaya, Kabarindo- AMD di Smart Production Solutions 2023 di Nuremburg, Jerman, pada 14-16 November mengumumkan rangkaian prosesor AMD Ryzen Embedded 7000 Series yang dioptimalkan untuk kebutuhan kinerja tinggi di pasar industri.

Dengan menggabungkan arsitektur “Zen 4” dan grafis Radeon terintegrasi, prosesor Ryzen Embedded 7000 Series menghadirkan performa dan fungsionalitas yang sebelumnya tidak ditawarkan untuk pasar embedded. Dengan fitur dan integrasinya yang diperluas, prosesor Ryzen Embedded 7000 Series ideal untuk berbagai aplikasi embedded, termasuk otomasi industri, visi mesin, robotika dan server edge.

Prosesor Ryzen Embedded 7000 Series adalah prosesor embedded pertama yang menggunakan teknologi 5nm generasi berikutnya dengan komitmen ketersediaan produksi selama 7 tahun. Prosesor embedded baru ini mengintegrasikan grafis AMD Radeon RDNA 2 yang menghilangkan kebutuhan akan GPU diskrit untuk aplikasi industri. Dan karena aplikasi yang tertanam memerlukan opsi sistem operasi software tambahan, prosesor Ryzen Embedded 7000 Series menyertakan dukungan untuk Windows Server dan Linux Ubuntu, selain Windows 10 dan Windows 11. Prosesor Ryzen Embedded 7000 Series juga menyertakan hingga 12 core CPU “Zen 4” performa tinggi, yang dipadukan dengan fitur terintegrasi dan pilihan sistem operasi yang luas, menawarkan kemudahan integrasi yang tak tertandingi bagi perancang sistem.

“Kasus penggunaan aplikasi industri terus berkembang dalam kompleksitas dan kecanggihan serta mendorong kebutuhan akan peningkatan kemampuan pemrosesan. Dengan integrasi fitur performa utama dan desain yang dapat diskalakan, prosesor Ryzen Embedded 7000 Series ideal untuk berbagai aplikasi mulai dari robotika canggih dan desain instrumentasi hingga kontrol daya, pengawasan video dan banyak lagi,” kata Rajneesh Gaur, Corporate Vice President & General Manager, Embedded Processors Group AMD, pada Jumat (17/11/2023).

Kevin Krewell, Principal Analyst di TIRIAS Research, menambahkan untuk aplikasi industri tertanam, sangat penting untuk memberikan penawaran yang berbeda dan terukur sambil tetap memenuhi kebutuhan daya, kinerja dan anggaran.

"AMD Ryzen Embedded 7000 Series yang baru, dibuat khusus untuk spektrum kasus penggunaan yang luas, menjadikannya pilihan ideal untuk aplikasi industri di pasar yang akan terus mengalami pertumbuhan dan keragaman,” ujarnya.

Ekosistem pendukung

Linda Tsai, Advantech President of Industrial IoT, mengatakan Advantech sangat bersemangat untuk meluncurkan motherboard AIMB-723 ATX-nya. Ini adalah motherboard kelas industri pertama yang terintegrasi dengan chipset AMD Socket AM5, meningkatkan kemampuan aplikasi industri di edge.

“AIMB-723 menghadirkan kinerja komputasi tinggi serta memberikan skalabilitas untuk mendukung hingga kartu GPU diskrit tiga slot dan kartu grabber tiga bingkai tambahan untuk aplikasi visi mesin. Ditenagai oleh prosesor Ryzen 7000 Series, motherboard industri AIMB-723 Advantech mempercepat aplikasi AOI yang menuntut kinerja dan memenuhi persyaratan lama untuk ekspansi PCI, mengakomodasi berbagai protokol komunikasi dan antarmuka I/O,” ujarnya.

Handsome Tzeng, President of ASRock Industrial, menambahkan ASRock Industrial, mitra lama AMD yang berdedikasi untuk kreasi bersama yang cerdas, menjadi pemasok motherboard dan sistem industri terkemuka di dunia. Pihaknya sangat gembira mengumumkan motherboard Mini-ITX yang inovatif, IMB-A1002, yang didukung oleh prosesor AMD Ryzen Embedded 7000 Series dengan chipset B650.

“Dengan memanfaatkan kekuatan core CPU Zen4, soket AM5, grafis AMD Radeon RDNA 2 terintegrasi, memori DDR5 dan PCIe 5.0, tujuan kami untuk membawa kinerja edge ke tingkatan baru yang luar biasa. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menciptakan solusi embedded terkemuka di berbagai aplikasi AIoT,” ujarnya.

Jarry Chang, General Manager of the Product Center at DFI, menjelaskan produknya dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen Embedded 7000 Series terbaru, yang unggul dalam menghadirkan produktivitas dan kinerja grafis luar biasa untuk aplikasi industry, namun tetap hemat biaya. Produk ini secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional, terutama di berbagai bidang seperti visi mesin, kontrol robot dan lain-lain serta sistem pencitraan medis kelas atas. Juga memberikan pelanggan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan CPU kelas atas mereka.

“Prosesor canggih ini dirancang untuk memenuhi permintaan khusus dari beragam lingkungan sambil menjaga keseimbangan antara kinerja tingkat atas dan pertimbangan anggaran,” ujarnya.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER