Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > AMD Berikan Solusi Komputasi Berkinerja Tinggi dan Adaptif

AMD Berikan Solusi Komputasi Berkinerja Tinggi dan Adaptif

Iptek | Jumat, 25 Agustus 2023 | 22:30 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
AMD Berikan Solusi Komputasi Berkinerja Tinggi dan Adaptif

AMD Berikan Solusi Komputasi Berkinerja Tinggi dan Adaptif

Surabaya, Kabarindo- AMD merilis Corporate Responsibility (CR) Report yang merinci perkembangan menuju tujuan yang mencakup kelestarian lingkungan, dampak digital, tanggung jawab rantai pasokan dan keberagaman, rasa memiliki dan inklusi.

AMD selama 28 tahun telah melaporkan program dan inisiatif CR-nya, dan ini merupakan laporan pertama perusahaan yang menggabungkan data lingkungan dan sosial dari akuisisi terbaru.

Susan Moore, Corporate Vice President dari Corporate Responsibility and International Government Affairs AMD dan Presiden AMD Foundation, mengatakan di AMD, pertanggung-jawaban perusahaan merupakan kesatuan bagian dari strategi bisnis, budaya dan hubungan yang dibina dengan pelanggan dan mitra.

“Bersama dengan para karyawan, mitra dan pelanggan, kami fokus untuk merancang dan memberikan solusi komputasi berkinerja tinggi dan adaptif secara bertanggung jawab untuk dunia yang lebih terhubung, berkelanjutan dan inklusif,” ujarnya pada Jumat (25/9/2023).

AMD melakukan penilaian environmental, social and governance (ESG) yang baru pada 2023 untuk menentukan isu-isu terpenting dalam tanggung jawab perusahaan berdasarkan potensi dampak terhadap bisnis dan potensi dampak bisnis terhadap masyarakat dan lingkungan, yang dikenal sebagai double materialitas.

Penilaian tersebut menegaskan kembali area fokus, termasuk topik seperti efisiensi energi produk; keberagaman, rasa memiliki dan inklusi; pengadaan yang bertanggung jawab dan hak asasi manusia dalam rantai pasokan. Artificial Intelligence (AI) yang bertanggung jawab dan penggunaan produk muncul sebagai isu baru dengan dampak besar terhadap AMD dan masyarakat. AI adalah peluang besar dengan tantangan unik, dan AMD berkomitmen untuk bekerja sama dengan industri untuk berinovasi dan menerapkan AI demi kebaikan sekaligus mengurangi risiko.

Sorotan utama dari laporan tahun ini meliputi:

Mempercepat komputasi berkelanjutan

Semikonduktor berperan penting dalam respons global terhadap krisis iklim, mendukung penelitian yang penting dan memungkinkan perangkat yang lebih hemat energi. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan beban kerja intensif komputasi seperti AI dan high performance computing (HPC), konsumsi energi prosesor menjadi sangat penting. AMD memprioritaskan inovasi yang meningkatkan kinerja dan kelestarian lingkungan, melalui tujuan perusahaan untuk memberikan peningkatan efisiensi energi sebesar 30x pada prosesor dan akselerator untuk pelatihan AI dan HPC pada 2025. Untuk 2023, AMD berada di jalur yang tepat untuk mencapai peningkatan 13,5x dari tahun dasar 2020 dengan menggunakan konfigurasi empat APU AMD Instinct MI300A yang diluncurkan akhir tahun ini.

Mengatasi emisi gas rumah kaca

AMD juga mengarahkan tujuan untuk mengatasi perubahan iklim dengan mengurangi emisi gas rumah kaca (GHG) di seluruh operasinya serta berkolaborasi dengan pemasok dan pelanggan manufaktur langsung. Pada 2022, AMD mencapai pengurangan emisi cakupan 1 dan 2 sebesar 19% dibandingkan pada 2020. Selaras dengan tujuan AMD, 70% pemasok manufaktur langsung perusahaan mempunyai target emisi gas rumah kaca publik dan 68% menggunakan energi terbarukan pada 2022. AMD kembali diakui sebagai CDP Supplier Engagement Leader untuk tujuan dan tata kelola terkait, dan termasuk dalam 8% responden teratas.

Bermitra di seluruh rantai nilai

AMD bekerja dengan pemasok, mitra dan rekan kerja untuk mengatasi masalah kelestarian lingkungan dan hak asasi manusia di seluruh rantai nilai semikonduktor sebagai anggota pendiri Semiconductor Climate Consostium dan Satuan Tugas Penasihat Lingkungan Senior Responsible Business Alliance’s. Pada 2023, AMD juga menyelesaikan Human Rights Saliency Assessment yang pertama untuk meningkatkan strategi hak asasi manusianya.

Meningkatkan pendidikan representasi and STEM

AMD ingin melampaui representasi untuk memimpin industri semikonduktor yang luar biasa dalam inklusi dan mengembangkan talenta yang kurang terwakilkan, seperti perempuan di bidang teknik. Terlebih penting, retensi insinyur wanita tetap kuat di perusahaan, dan 92% karyawan global mengatakan AMD menciptakan lingkungan di mana orang-orang dari berbagai latar belakang bisa sukses. AMD juga bersemangat untuk melahirkan generasi inovator berikutnya dan terus berinvestasi dalam pendidikan STEM melalui kemitraan dengan universitas, pendidik K-12 dan organisasi nirlaba.

AMD menyiapkan Corporate Responsibility Report 2022-23 sesuai dengan Standar Global Reporting Initiative (GRI) (2021). laporan ini mencakup pengungkapan terkait perubahan iklim yang termasuk dalam rekomendasi Taskforce on Climate-Related Financial Disclosures (TCFD) serta pengungkapan relevan dalam Sustainability Accounting Standards Board (SASB) yang berlaku.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER