Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > AI Ubah Bisnis & Tingkatkan Investasi, Lebih Produktif, Efisien & Aman

AI Ubah Bisnis & Tingkatkan Investasi, Lebih Produktif, Efisien & Aman

Iptek | Sabtu, 19 Agustus 2023 | 22:55 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
AI Ubah Bisnis & Tingkatkan Investasi, Lebih Produktif, Efisien & Aman

AI Ubah Bisnis & Tingkatkan Investasi, Lebih Produktif, Efisien & Aman

Surabaya, Kabarindo- AMD merilis temuan dari survei baru para pemimpin TI global yang mengatakan bahwa 3 dari 4 pemimpin TI optimis tentang potensi manfaat AI mulai dari peningkatan efisiensi karyawan hingga solusi keamanan siber otomatis, sementara 2 dari 3 orang meningkatkan investasi dalam teknologi AI.

AI menghadirkan peluang yang jelas bagi organisasi untuk menjadi lebih produktif, efisien dan aman. Namun para pemimpin TI menyatakan ketidakpastian tentang ketepatan waktu adopsi AI mereka, karena kurangnya peta jalan implementasi dan kesiapan keseluruhan dari beragam hardware dan teknologi.

AMD melakukan survei terhadap 2.500 pemimpin TI di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis dan Jepang untuk memahami bagaimana teknologi AI membentuk kembali tempat kerja, bagaimana pemimpin TI merencanakan teknologi AI dan roadmap hardware klien terkait, serta apa tantangan terbesar mereka adalah adopsi.

Ada keraguan seputar keamanan dan persepsi bahwa melatih tenaga kerja akan memberatkan, namun organisasi yang telah menerapkan solusi AI melihat dampak positif. Sedangkan organisasi yang menunda berisiko tertinggal. Dari organisasi yang memprioritaskan penerapan AI, 90% melaporkan telah melihat peningkatan efisiensi tempat kerja.

Matthew Unangst, Senior Director, Commercial Client and Workstation AMD, mengatakan ada keuntungan menjadi pengadopsi awal AI. Pemimpin TI melihat manfaat dari solusi yang mendukung AI, tetapi perusahaan mereka perlu menguraikan rencana yang lebih terfokus untuk penerapannya atau berisiko tertinggal.

"Ekosistem software terbuka dengan hardware berkinerja tinggi sangat penting. AMD percaya pada pendekatan multi-aspek untuk meningkatkan IP AI di seluruh portofolio produk bagi keuntungan mitra dan pelanggan kami,” ujarnya pada Sabtu (19/8/2023).

Masa depan komputasi bertenaga AI untuk perusahaan

Guna memastikan para pemimpin TI memiliki platform komputasi terbaik saat mereka mengimplementasikan solusi AI, AMD berfokus pada pengembangan solusi mutakhir dengan kemampuan AI di seluruh portofolio produknya mulai dari cloud hingga endpoint, sambil bekerja dalam kolaborasi yang erat dengan industri terbuka software standar.

AMD pada tahun ini meluncurkan prosesor Ryzen 7040 Series pertama dengan model-model tertentu yang menampilkan Ryzen AI Engine dengan dukungan untuk Windows Studio Effects. Bersama pengembang AI Ryzen menghadirkan pengalaman unik yang belum tersedia di prosesor x86 lain dan membuka jalan untuk kemampuan AI yang lebih besar langsung di laptop.

Mesin AI khusus untuk PC mobile melengkapi AI berbasis cloud dan penting untuk penerapan aplikasi AI di tempat kerja. Hal ini memiliki potensi untuk:

-mengaktifkan pengalaman yang lebih dipersonalisasi dan aman bagi karyawan dengan menjalankan model AI secara lokal.

-meningkatkan efisiensi daya laptop, yang berarti produktivitas dan konektivitas karyawan lebih baik

-meningkatkan bandwidth keseluruhan untuk bisnis menjalankan beban kerja AI dengan mengaktifkan laptop guna menjalankan software generasi berikutnya.

Sangat penting memiliki infrastruktur terkini untuk bisnis yang juga ingin menjalankan beban kerja AI di data center lokal mereka. Dengan modernisasi data center ke prosesor AMD EPYC modern, pelanggan dapat mengurangi jumlah tumpukan yang dibutuhkan dalam infrastruktur hingga 70%.

AMD baru-baru ini membagikan detail tentang akselerator Instinct MI300X (192 GB) berdasarkan arsitektur akselerator AMD CDNA 3, yang akan menjadi akselerator tercanggih di dunia untuk AI generative. Juga akan memberikan efisiensi komputasi dan memori yang diperlukan untuk model bahasa luas pelatihan dan inferensi untuk beban kerja AI generatif.

Guna melengkapi hardware, AMD menghadirkan platform software AI yang terbuka dan siap dipasarkan melalui ekosistem software AMD ROCm untuk akselerator data center.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER