Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Abu Beracun Vulkanis Kongo Mulai Turun di Goma

Abu Beracun Vulkanis Kongo Mulai Turun di Goma

Internasional | Jumat, 4 Februari 2022 | 23:48 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Abu Beracun Vulkanis Kongo Mulai Turun di Goma

KABARINDO, KINSHASA – Lebih dari delapan bulan setelah gunung berapi Nyiragongo meletus di bagian timur Republik Demokratik Kongo, abu beracun mulai berjatuhan di dekat Goma, kata Observatorium Gunung Api (OVG) kota itu, Jumat (4/2).

Tiga puluh dua orang meninggal karena luka bakar atau sesak napas ketika Nyiragongo hidup kembali pada 22-23 Mei 2021, mengirimkan aliran lava ke pinggiran Goma, ibu kota provinsi Kivu Utara. Dua orang tewas dalam kecelakaan ketika penduduk melarikan diri secara massal, dan ratusan rumah hancur.

Observatorium OVG mengatakan gunung berapi itu memuntahkan abu dan debu karena apa yang tersisa dari kawah pusatnya setelah letusan sekarang runtuh. Disebutkan juga bahwa ada gempa berkekuatan dua di kawah sebelumnya.

Abu Beracun Vulkanis Kongo Mulai Turun di Goma(Foto: danau lava gunung Nyiragongo -Cai Tjeenk Willink/Wikipedia)

Mengingat betapa beracunnya abu itu, OVG mendesak penduduk setempat untuk mematuhi tindakan pencegahan kebersihan yang ketat -- memakai masker, menghindari minum air hujan, mencuci sayuran dengan air keran, makan di tempat tertutup dan menyimpan piring makanan di dalam ruangan.

Observatorium mengatakan aktivitas vulkanik utama terkonsentrasi di kawah pusat Gunung Nyiragongo dan "tidak semua" sisinya meletus.

Gunung Nyiragongo terletak di dalam Taman Nasional Virunga, di Republik Demokratik Kongo, sekitar 12 km sebelah utara kota Goma dan Danau Kivu dan tepat di sebelah timur perbatasan dengan Rwanda, dan melintasi celah tektonik Rift Afrika Timur.

Abu Beracun Vulkanis Kongo Mulai Turun di Goma(Peta Google menunjukkan jarak antara Goma dan Kinshasa, ibu kota negara Kongo)

Empat bulan setelah ledakan dahsyat Mei 2021, yang memaksa sekitar 400.000 dari 600.000 penduduk Goma mengungsi, sebuah danau lava muncul di kawah pusat.

Para ilmuwan mengatakan ini akan memungkinkan strato-vulkanik setinggi 3.500 meter itu untuk "bernapas". ***(Sumber dan foto: AFP/France24, Wikipedia)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER