YouTube Hari Ini ; Sudah Berusia 1 Dekade

YouTube Hari Ini ; Sudah Berusia 1 Dekade

Jakarta, Kabarindo- Tidak hanya14 Februari 2015, diperingati sebagai Hari Kasih Sayang, melainkan juga hadirnya layanan berbagi video paling populer saat ini, YouTube.

Apakah Anda tahu ? YouTube diciptakan pada tanggal 14 Februari 2005 oleh mantan karyawan PayPal, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karem. Tiga anak muda ini membuat situs ini untuk tujuan sederhana, agar bisa mengunggah video ke internet.

Nah, video pertama yang diunggah ke YouTube adalah potongan klip berdurasi delapan detik dengan judul 'Me at the Zoo' yang dibuat oleh salah satu pendirinya, Jawed Karim.

Videonya pun sangat sederhana, hanya menampilkan Karim di depan kandang gajah.

Setelah mencapai perjalanan satu dekade, YouTube kini terus menggelembung besar. Setidaknya, situs ini mempunyai miliar pengunjung tiap bulannya.

Dari satu video yang sederhana tersebut, YouTube saat ini sudah mempunyai 300 jam diunggah setiap menitnya dan sudah diakses dari 75 negara dengan 61 bahasa yang berbeda.

Semua pencapaian ini tidak akan terjadi tanpa juga peranan Google. Di bulan Oktober 2006, raksasa internet ini membeli YouTube dengan nilai US$ 1,6 miliar.

Seiring dengan perjalanannya, YouTube tak hanya menampilkan banyak video namun juga menghasilkan orang terkenal dari situs tersebut. Dari sekian banyak, beberapa diantaranya adalah YouTuber bernama PewDiePie, yang menjadi miliuner berkat video di YouTube.

Ian Hecox pemilik akun Smosh, salah satu dari dua komedian yang video miliknya sudah ditonton jutaan kali dengan anggota subscriber mencapai 19 juta lebih seperti dilansir dari laman cnnindonesia.

"YouTube menandai awal memberi orang biasa platform untuk berbagi ide, pengalaman, dan video kreasi mereka sendiri kepada seluruh dunia dengan cara yang kita tidak pernah akan diantisipasi.

"YouTube berarti bagi saya karena saya adalah salah satu dari orang-orang biasa yang mampu mengubah hobi menjadi bisnis yang nyata," kata Hecox, kepada Sky News.


Happy Birthday Youtube.....!