XXI Short Film Festival 2015; Siap Di Gelar Lagi

XXI Short Film Festival 2015; Siap Di Gelar Lagi

XXI Kota Kasablanka, Jakarta, Kabarindo- Tecatat sudah 641 film pendek sejak dibuka 8 September hingga 10 Desember 2014 lalu.

Dari rilis yang diterima redaksi terdiri dari film pendek fiksi naratif sebanyak 471 film, dokumenter 108 film dan animas 62 judul film.

"Tak terasa sudah tahun ke-3 dan animo peserta sangat menggembirakan karena terjadi peningkatan dari tahun lalu hanya 423 saja, ini berarti minat serta kualitas para pembuat film pendek tanah air untuk ajang XXI Short Film Festival makin meningkat dan terpercaya," papar Catherine Keng selaku Festival Director mewakili pihak XXI lugas.

Redaksi mendapati acara ini raih dukungan dari IMPAS-Indonesian Motion Pictures Association bersama dengan PILAT, APROFI mendukung tahapan-tahapan XXI Short Film Festival dimana seluruh film akan diseleksi menjadi 10 finalis di tiap kategori yang terdiri dari Film Pendek Pilihan Media, Film Pendek Penghargaan Khusus IMPAS dan Film Pendek Favorit.

Dijelaskan oleh Nauval Yazid selaku Program Director XXI Short Film Festival bahwa ada tiga tahapan yang harus dilalui, mulai dari workshop pembuatan film secara intensif selama dua hari 19-20 Januari 2015 di XXI Club Djakarta Theater, dilanjutkan Pitching Presentation dimana akan terpilih 10 tim terbaik dari peserta workshop untuk mempresentasikan ide cerita project film pendek mereka.

"Rencananya 18 Maret di Epicentrum XXI dihadapan dewan juri yang terdiri dari para produser dari APROFI dan panitia lalu akan dipilih 3 project terbaik yang akan diumumkan pada Awarding Night XXI Short Film Festival 22 Maret dan masing-masing tim akan memperoleh dana produksi Rp. 10 Juta. Lalu tahapan terakhir adalah production dimana beberapa bulan setelah mendapatkan penghargaan, tim akan dibekali dengan workshop pra produksi sebelum melakukan pembuatan film. Perlu diketahui bahwa seluruh film pemenang Pitching Forum akan ditayangkan pertama kali secara eksklusif dalam Gala Premiere Pitching Forum Films di XXI Short Film Festival tahun berikutnya," papar Nauval sumringah yang mengingatkan roadshow di 6 kota sehingga pelaksanaan sebenarnya sepanjang tahun dan tentu saja akan diputar film-film pendek pemenang di bioskop.

Ditambahkan bahwa akan ada pemutaran ketiga film dari tahun lalu yaitu Catur (Bandung), Listen (Jakarta) dan Potret (Yogyakarta) selain tentu saja sejumlah film-film pendek dari mancanegara dalam rangkaian program International Shorts. Ada juga Program Focus On yaitu program retrospektif dari sineas Riri Riza serta Program Short On Spotlight akan menghadirkan film pendek Maryam karya Sidi Saleh yang telah dinobatkan jadi film pendek terbaik di Festival Film Venice ke-71 tahun 2014.

Terakhir, tentu saja kehadiran Master Class dari filmmakers berkelas internasional dari A-list speaker yang akan membawakan filmmaking dan film education.

Ada kejutan untuk tahun 2015 mendataang, tentu Anda sudah tahu produksi animasi berbujet besar dari kota Gudeg, produksi dari Amicom untuk film Battle of Surabaya akan tayang perdana di ajang XXI Short Film Festival.