Wisatawan Asing Marakkan; Pawai Budaya Sumut

Wisatawan Asing Marakkan; Pawai Budaya Sumut

Medan, Kabarindo- Sejumlah wisatawan dari Eropa ikut meramaikan pawai kebudayaan dan artis/aktris yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara pada acara Festival Budaya dan Anugerah Film Indonesia atau AFI di Medan, Jumat sore.

Pawai dengan gerak awal di depan Lapangan Merdeka, Jalan Balai Kota, Medan, mulai sekitar pukul 17.30 WIB menjadi tontonan menarik bagi masyarakat, baik secara langsung yang datang ke lokasi hingga warga yang melintas di kawasan itu.

"Senang melihat pawai budaya dan ditambah artis. Maunya sering-sering kegiatan seperti itu," kata seorang warga Jalan SM. Raja, Medan, Noni yang mengaku khusus ke Lapangan Merdeka untuk melihat acara tersebut.

Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Sumut, Elisa Marbun, menyebutkan pawai kebudayaan yang menampilkan tarian dan pakaian berbagai suku di Sumut mulai dari Batak hingga Jawa bertujuan untuk mempromosikan kepariwisataan Sumut.

"Kebetulan pula Sumut dijadikan tuan rumah acara penganugerahan Anugerah Film Indonesia (AFI) sehingga peserta pawai bertambah meriah dengan para artis," katanya.

Adapun para turis yang ikut meramaikan pawai dengan menaiki becak bermotor khas Medan yang sudah dihias, menurut Marbun, dilakukan secara spontan.

"Turis itu sangat senang diajak ikut meramaikan pawai sebelum melanjutkan wisatanya ke Lombok pada Sabtu atau Minggu," katanya.

Dia menegaskan, Festival Budaya yang sudah menjadi agenda tahunan kepariwisataan diharapkan semakin menambah daya tarik daerah itu bagi wisatawan nusantara maupun asing.

"Sumut terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawannya karena menambah devisa dan menyerap tenaga kerja," katanya.

Setelah gerak awal dari Lapangan Merdeka, Medan, para artis dan aktris itu akan dijamu makan malam oleh Gubernur Sumut, H Gatot Pujo Nugroho di rumah dinas gubernur seperti dilansir dari laman antaranews.