Wisata Sepeda Borobudur; Makin Diminati Wisatawan

Wisata Sepeda Borobudur; Makin Diminati Wisatawan

Magelang, Kabarindo- Wisata sepeda mengelilingi sejumlah desa wisata di sekitar Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, diminati para wisatawan.

Pemilik penyewaan sepeda di Dusun Tingal, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Heru Saryanto di Magelang, Rabu, mengatakan berwisata naik sepeda mengelilingi sekitar Candi Borobudur merupakan salah satu pilihan wisatawan saat berkunjung ke Borobudur.

Menurut dia peminat wisata sepeda biasanya rombongan keluarga, perkantoran, perusahaan, dan pelajar serta wisatawan mancanegara.

Ia mengatakan usaha yang mulai dirintis tahun 2012 ini kini memiliki sekitar 1.000 sepeda untuk disewakan kepada para wisatawan. Sejumlah sepeda tersebut tidak semua dikelola di tempat penyewaan Dusun Tingal, tetapi tersebar di sejumlah hotel dengan sistem kerja sama.

"Penyewa datang langsung ke sini, tetapi juga banyak melalui hotel, penginapan atau koperasi wisata yang ada di wilayah Borobudur," katanya.

Ia mengatakan melalui wisata sepeda di sejumlah desa wisata di sekitar Candi Borobudur, wisatawan dapat belajar membuat aneka kerajinan, antara lain belajar membatik, membuat gerabah, anyaman bambu, dan mengunjungi tempat pembuatan pensil gaul.

"Jauh dekat rute sepeda wisata tergantung paket wisata yang dipilih, termasuk ongkosnya juga berlainan. Sedangkan untuk menyewa sepeda di lokasi penyewaan Rp20.000 per unit," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.

Ia mengatakan wisata sepeda untuk rombongan keluarga bukan hanya diminati wisatawan di lokal Jawa Tengah dan Yogyakarta saja, tetapi juga dari Lampung, Palembang, dan paling banyak dari Jakarta dan Bali.

"Peminat wisata sepeda ramai pada bulan Maret hingga Desember, sedangkan untuk Januari setelah libur tahun baru hingga Februari cenderung sepi," katanya.