Wisata Alam Kaliurang; Ramai Disambangi Wisnus

Wisata Alam Kaliurang; Ramai Disambangi Wisnus

Sleman, Kabarindo- Objek wisata alam Kaliurang, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta masih menjadi destinasi wisata keluarga unggulan pada libur Lebaran tahun ini dan tercatat ribuan wisatawan mengunjungi kawasan di lereng Gunung Merapi pada lebaran hari pertama dan ke dua.

"Kawasan Kaliurang menjadi objek yang banyak menarik pengunjung pada Libur Lebaran ini untuk wisata keluarga. Pada hari Idul Fitri pertama 17 Juli, Kaliurang dibuka mulai pukul 10.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB jumlah pengunjung sebanyak 1.272 dengan jumlah mobil 281 buah dan motor 81 buah," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Sri Winarti, Sabtu.

Menurut dia, pada Lebaran ke dua, 18 Juli jumlah pengunjung semakin meningkat tajam, baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

"Pada lebaran ke dua hingga pukul 16.00 WIB, jumlah pengunjung Kaliurang mencapai 5.675 orang dengan jumlah mobil 970 dan motor 705," katanya.

Ia mengatakan, untuk Museum Gunungapi Merapi (MGM) di Dusun Banteng, Pakem, Sleman yang baru buka pada lebaran ke dua jumlah pengunjung sebanyak 1.155 dan penonton film di Cinema MGM sebanyak 705.

"Pengunjung wisata didominasi oleh keluarga. Semakin sore kunjungan wisata semakin ramai. Para pengunjung Kaliurang dan MGM banyak yang memanfaatkan juga untuk berwisata volcano tour dengan mobil jeep," katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi mengatakan, untuk menyemarakkan objek wisata kawasan Kaliurang 18 hingga 26 Juli di panggung terbuka Tlogo Putri Kaliurang digelar berbagai hiburan pada siang hari.

"Hiburan tersebut meliputi pentas musik band, orkes melayu, campur sari dan kesenian jathilan," katanya.

Sedangkan pada malam hari mulai 18 hingga 21 Juli di depan objek wisata Taman Kanak-Kanak Kaliurang diselenggarakan pentas seni malam hari dengan menampilkan potensi lokal.

"Pentas seni ini meliputi seni budaya Hadroh, band, dan pentas seni alternatif," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.