Wartawan Galang Dana; Bagi Kesembuhan Bayi Ryuji

Wartawan Galang Dana; Bagi Kesembuhan Bayi Ryuji

Jakarta, Kabarindo- Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Poros Wartawan Jakarta (PWJ) melakukan aksi penggalangan dana untuk bayi Ryuji di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/2). Aksi simpati itu digelar dalam rangka mengumpulkan dana untuk biaya pengobatan Ryuji M Kaizan (5 bulan), bayi yang menderita penyakit atresia bilier (kelainan fungsi hati).

Anak pasangan Feri Yunizar dan Lutfianti itu membutuhkan dana sekitar Rp 1,2 miliar untuk pengobatan berupa transplantasi (cangkok) hati. Sebagai karyawan biasa, Ferry tidak memiliki uang sebesar itu untuk mengobati anaknya.

"Hari ini, PWJ menggelar aksi "ngecrek" receh untuk Ryuji pada acara car free day di kawasan Bundaran HI," kata Ketua PWJ B Ali Priambodo yang akrab disapa Dodo di Jakarta, Minggu (8/2).

Dodo menuturkan, para jurnalis anggota PWJ terus melakukan berbagai upaya untuk mengumpulkan dana sebesar Rp 1,2 miliar itu demi membantu kedua orang tua bayi Ryuji.

Sedangkan, menurut Feri Yunizar, ayah Ryuji, hampir setiap malam anaknya menangis karena menderita panas tinggi. "Suhu badan Ryuji turun-naik. Kadang normal, tapi tiba-tiba panas tinggi," ujarnya seperti dilansir dari laman beritasatu.

Dari beberapa kali perawatan di rumah sakit, akhirnya Feri dan istrinya mendapatkan kejelasan dari doktor di RSCM, Jakarta, bahwa Ryuji terkena atresia bilier. Menurut dokter, satu-satunya jalan adalah dengan melakukan operasi transplantasi hati.

"Menurut dokter, Ryuji masih diberikan ASI sehingga kondisi badannya bagus. Namun, yang dikhawatirkan nanti jika sudah diberikan makanan pendamping. Berat badannya akan turun-naik, sehingga masih harus di pantau dulu sampai waktu yang tepat untuk operasi," katanya.

Salah satu upaya Feri untuk mencari dana berobat anaknya adalah melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Hal itu dilakukan karena Ryuji memang peserta JKN. Namun, pihak BPJS Kesehatan hanya sanggup membiayai pengobatan sebesar Rp 250 juta.

Dengan diadvokasi PWJ, pada Jumat (7/2), Feri dan sejumlah wartawan menggalang dana di kawasan gedung DPR. Bahkan, politisi PDI-P Rieke Diah Pitaloka siap menggadaikan rumahnya jika dana yang terkumpul belum mencukupi.

Rieke juga akan berjuang agar Ryuji bisa mendapatkan dana pengobatan penuh dari BPJS Kesehatan. Masyarakat yang tidak sempat menyumbang di kawasan Bundaran HI, bisa datang ke posko PWJ Yang beralamat di Kantor YLBHI, Jalan Diponegoro No 74 (Jalan Mendut), Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, juga bisa langsung menyumbang ke rekening BNI 0334075193 atas nama Feri Yunizar Arifin. Jika masyarakat ingin mendapatkan informasi atau khawatir ada penipuan bisa menghubungi Kepala Divisi Advokasi PWJ, Rani Sanjaya di nomor 081382284515 atau ke Ketua PWJ, Dodo di nomor 081298810090.