Upacara Adat Tuk Si Bedug; Dikemas Sederhana

Upacara Adat Tuk Si Bedug; Dikemas Sederhana

Sleman, Kabarindo–  Upacara adat Tuk Si Bedug kembali akan digelar Jum’at Malam 20 September 2013 besok. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini upacara adat Tuk Sibedug dikemas dengan lebih sederhana tanpa kirab bregada prajurit.

Puncak acara berupa pentas wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Supiyadi dengan lakon “Wiratha Parwa”.

Hal itu dipapar oleh Kepala Bidang Peninggalan Budaya dan Nilai Tradisi (PBNT), Kamis 19 September 2013 di kantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman. Aji menambahkan bahwa rangkaian acara upacara adat Tuk Sibedug telah diawali pada hari Rabu 18 September 2013 di Panggung kesenian lapangan Mranggen berupa pentas seni antar padukuhan se Desa Margodadi.

Agenda Kamis malam 19 September 2013 mulai pukul 18.30 selain berupa pentas seni antar padukuhan yang dilaksanakan di panggung kesenian lapangan Mranggen Margodadi Seyegan, pada saat yang sama juga dilaksanakan kenduri wilujengan dilanjutkan dengan upacara midang di lokasi petilasan Kanjeng Sunan Kalijaga di dusun Grogol Margodadi.

Sedangkan Jum’at 20 September 2013 di kompleks sendang Tuk Sibedug pukul 18.00 dilaksanakan kenduri wilujengan dilanjutkan dengan kirab tumpeng oleh Bregada Sunan Kalijaga menuju ke lapangan Mranggen Margodadi, dilanjutkan dengan pentas wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Supiyadi dengan lakon “Wiratha Parwa”.