Universitas Warnadewa Denpasar Bali; Jadi Jawara Open Marching Band Competition

Universitas Warnadewa Denpasar Bali; Jadi Jawara Open Marching Band Competition

Jember, Kabarindo- Universitas Warnadewa Denpasar Bali berhasil menjadi pemenang dalam kejuaraan internasional "Jember Open Marching Band Competition" (JOMC) kategori "marching show band" yang digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sebanyak sembilan negara mengikuti kejuaraan internasional "Jember Open Marching Band Competition IV" yang digelar di Gedung Olahraga PKPSO Kaliwates, Kabupaten Jember, 18-20 September 2015.

"Berdasarkan penilaian para juri, maka juara pertama dalam kategori marching show band adalah Universitas Warnadewa Denpasar Bali," kata Ketua pantia pelaksana JOMC, Tri Basuki, di Jember, Minggu malam.

Universitas Warnadewa Denpasar itu mendapat total nilai 79,19, kemudian secara berurutan di peringkat kedua Gita Bahana SMP Negeri 1 Balikpapan (77,85), Shanghai KongJiang High School Shanghai Tiongkok (74,85), Angkasa Bahana Citra SMA 1 Tenggarong Bondowoso (74,10).

Kemudian peringkat kelima diduduki Bahana Swara Sangkakala Bawana Malang (73,35), The Pegasus Vanguard Hongkong (70,10), Gita Wibawa Praja Tangerang (69,35), dan terakhir Gema Nadaqu Daarul Quran Drumline Tangerang (59,25).

"Marching band Indonesia tidak kalah bagus dengan negara-negara lain, dan hal itu ditunjukkan dengan prestasi yang mereka raih dalam JOMC," kata Tri.

Sedangkan untuk kategori "Snare Drum individual" diraih Farhan Ajamik dari Batteryheadz Percussion Selangor Malaysia, juara kedua Mami Umeda dari Shizuoka Jepang, dan juara ketiga Faries Iqbal dari Batteryheadz Percussion Selangor Malaysia.

"Sementara juara pertama kategori tenor individual disabet oleh Takuro Kajiwara dari Jepang, kedua diraih oleh Tatsuki Toshimitsu dari Jepang, dan terakhir Irsyadul Afif dari Marching Band Gita Widya Agni Surabaya.

Untuk peserta taman kanak-kanak dengan kategori "Colour Guard Contest" diraih oleh Symphoni Pembina DC Purwokerto dengan total nilai 87,20 sebagai juara pertama, kemudian juara kedua Arni Band (Jember) dengan nilai 78,20, kemudian TK Al-Irsyad (Jember) dengan nilai 74,30, dan Tunas Bangsa (Jember) dengan nilai 71,40.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena Jember Open Marching Band Competition berjalan dengan lancar dan seluruh peserta dari sembilan negara sudah memberikan penampilan yang terbaik dalam kompetisi itu," ujarnya.

Ia berharap peserta pada kejuaraan JOMC tahun 2016 lebih banyak lagi karena panitia juga mendapatkan dukungan dari organisasi marching band tingkat dunia yakni Drum Corp Internatinal (DCI) dari Amerika Serikat.