Turis China Ke Bali; Makin Dominan

Turis China Ke Bali; Makin Dominan

Denpasar, Kabarindo- Sejak beberapa saat lalu, jumlah turis China ke Bali makin meningkat, di peringkat kedua setelah Australia dan mampu mendahului jumlah turis dari Jepang.

Menurut Ketua Parlemen China, Wu Bangguo, yang datang ke Bali tempo hari, hal ini disumbang   perjuangan panjang pemerintah Indonesia dan China dalam meningkatkan hubungan bilateral.

Masyarakat China, kata Wu, mengenal Bali sebagai Pulau Surga. Kedekatan hubungan emosi dan kebudayaan China dan Bali diakui dia memiliki andil membuka hubungan lebih luas dengan China.

"Persahabatan kedua negara semakin akrab baik di bidang ekonomi, politik, dan budaya sehingga kunjungan turis dari kedua negara semakin bertambah banyak," kata pengamat pariwisata Bali, Dewa Nyoman Putra, di Denpasar, Rabu seperti dilansir dari laman antaranews.

Dinas Pariwisata Bali menunjukkan data, kedatangan turis China memiliki prosentase peningkatan tertinggi ke Bali, yakni mencapai 28,60 persen menyusul asal Taiwan, 26,33 persen.

Turis asing yang terbang langsung dari negerinya ke Bali, Januari-September 2013, sebanyak 2.409.334 orang, dengan 302.324 dari mereka asal China. Ini peringkat dua dari negara pemasok turis ke Bali setelah Australia.