Tourism Selangor; Bertandang Ke Indonesia

Tourism Selangor; Bertandang Ke Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Selangor, salah satu negara bagian di Malaysia, mempromosikan pariwisatanya ke Indonesia.

Delegasi pariwisata Selangor (Tourism Selangor) melakukan road show dengan mengadakan pameran di Jakarta, Surabaya yang akan disusul di Medan.

Menurut Md. Saad Bin Mahsah, Public Relation & Promotion Manager Tourism Selangor, pihaknya melawat ke Indonesia untuk menarik wistawan ke Selangor. Untuk itu, Tourism Selangor mengajak perwakilan dari beberapa lembaga yaitu Sunway Medical Centre, Shah Alam Convention Centre, DMC Specialist Hospital, Majlis Daerah Hulu Selangor, Majlis Bandaraya Shah Alam, Sri Kota Specialist Medical Centre, Cyberview Resort & Spa, Hospital Columbia Asia dan De Palma Group Hotels.

“Pameran di Indonesia diminati delegasi Selangor karena menarik banyak pengunjung,” ujar Saad pada Selasa (29/10).

Di Jakarta, pameran berlangsung bersamaan dengan Indonesia Travel Expo yang diadakan di Istora Senayan pada 25 – 27 Oktober lalu. Event ini mengambil tema International Healthcare Tourism Expo yang dikunjungi sekitar 50 ribu orang.

Dalam pameran tersebut, Tourism Selangor mempromosikan Pelancongan Kesehatan dengan menawarkan kemudahan check up dan pengobatan. Pada kesempatan ini ditawarkan berbagai paket menarik yang mencakup akomodasi, jalan – jalan, kebudayaan, shopping sekaligus melakukan pemeriksaan kesehatan.

Menurut Saad, banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi di Selangor yang menjadi ikon pelancongan, antara lain Masjid Sultan Abdul Aziz Shah yang dikenal sebagai Masjid Biru, Batu Caves, Farm in The City, Galeri Diraja Klang, Sunway Lagoon, Hutan Lipur Kanching, Institut Penyelidikan Perhutanan Malaysia (FRIM), Kelip – Kelip Kampung Kuantan, Bukit Malawati, Sepang Gold Coast dan i-City yang memiliki daya tarik baru The Red Carpet yaitu museum lilin.

“Kami memberikan beragam pilihan kepada pelancong. Mereka bisa memilih sesuai keinginan,” ujarnya.

Saad menambahkan, banyak orang Indonesia yang datang ke Selangor untuk menonton balap mobil formula 1 di Sepang.

Di Surabaya, Tourism Selangor melakukan promosi di Garden Palace Hotel (GPH) pada Selasa (29/10) dengan tema Selangor Meets Indonesia yang diikuti beberapa pejabat kerajaan, biro travel dan perhotelan. Mereka memaparkan program dan andalan masing – masing kepada pengusaha biro travel dan para pihak yang berkaitan dengan pariwisata.

Salah satu perwakilan, YB Puan Dr. Daroyah binti Alwi, Exco Kesihatan, Pembangunan Usahawan, Sains, Teknologi dan Inovasi (Ahli Majlis Mesyuarat Kerajaan Negeri Selangor Darul Eksan), mengatakan pihaknya menawarkan paket wisata sekaligus pemeriksaan kesehatan.

“Orang bisa melakukan check up sementara keluarga mereka berjalan – jalan sambil shopping,” ujarnya.

Daroyah mengklaim, paket – paket wisata yang ditawarkan delegasi Selangor lebih murah dibandingkan di negara – negara ASEAN lainnya termasuk Singapura.

Saad mengatakan, promosi yang dilakukan Tourism Selangor berkaitan dengan Tahun Melawat Malaysia 2014 yang diharapkan mampu menjaring wisatawan dari Indonesia sebanyak mungkin. Ia optimistis, berbagai paket yang ditawarkan bisa memenuhi keinginan masyarakat Indonesia.

“Kami ingin menarik minat pelancong Indonesia untuk mengunjungi Selangor dan merasakan langsung keunikan di negara bagian ini,” ujarnya.

Saad menyebutkan, jumlah wisatawan yang mengunjungi Selangor pada 2011 mencapai 664 ribu orang. Angka ini naik menjadi 730.459 orang pada 2012. Pada tahun ini hingga September lalu, tercatat 255.760 wisatawan yang diharapkan terus meningkat.