Sheraton Surabaya; Ajak Rayakan Oktoberfest

Sheraton Surabaya; Ajak Rayakan Oktoberfest

Surabaya, Kabarindo- Perayaan Oktoberfest kembali akan dihadirkan Sheraton Surabaya Hotel & Towers bersama EKONID dan Wisma Jerman di Surabaya pada Senin (14/10) mendatang.

Tahun ini adalah kali kedua Oktoberfest diadakan di Sheraton. Menurut Humas Sheraton, Amanda Dianova, perayaan ini diadakan lagi karena event tahun lalu mendapat respon yang bagus dari masyarakat.

Ia mengatakan, perayaan ini berasal dari Bavaria, salah satu negara bagian di Jerman. Oktoberfest pada awalnya merupakan perayaan pernikahan antara Crown Prince Ludwig dan Princess Therese von Saxen-Hildburghausen pada 1810. Sejak saat itu, Oktoberfest diadakan hampir setiap tahun kecuali pada saat perang atau terjadi wabah penyakit.

Oktoberfest adalah festival yang populer dan identik dengan bir. Perayaan di Jerman menghadirkan 6 produsen bir dari kota Munich. Setiap tahun, hampir 7 juta liter bir dijual dalam Oktoberfest. Perayaan ini selalu menampilkan makanan khas Jerman yang terbuat dari ayam, ikan, porknuckle, sosis dan pretzels. Banyak pengunjung Oktoberfest yang mengenakan pakaian tradisional Bavaria, yaitu Dirndl (untuk perempuan) dan topi khas Bavaria (untuk laki-laki).

“Oktoberfest merupakan festival terbesar di Jerman yang identik dengan suasana kekeluargaan dan keceriaan. Melalui acara ini, kami berharap dapat berbagi kebersamaan sekaligus pembelajaran bagi masyarakat Surabaya tentang budaya Jerman dan Oktoberfest,” ujar Chris Moore, General Manager Sheraton Surabaya Hotel & Towers.

Hal yang sama disampaikan Birgit Steffan, Direktur Wisma Jerman. “Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat Surabaya bahwa Jerman mempunyai tradisi pesta rakyat yang meriah, dengan makanan dan minuman yang enak dan musik asli Jerman yang membuat kita rock around the clockm,“ ujarnya.

Pada perayaan ini, para tamu bisa menikmati bir sepuasnya dan aneka makanan khas Jerman olahan Chef Jakob Angerer yang berasal dari Austria. Salah satunya Ginger Bread Love, kue besar berbentuk hati yang enak. Kue berwarna coklat ini dihias cantik dengan tulisan bermakna cinta di bagian tengahnya.

Menurut Chef Jacob, Ginger Bread Love biasanya diberikan para pemuda atau suami kepada pasangan mereka sebagai tanda cinta pada Oktoberfest.

“Kue ini merupakan ungkapan cinta dan kegembiraan kepada orang yang kita cintai,” ujarnya.