Shangri-La Surabaya; Peringati Hari Down Syndrome Dunia

Shangri-La Surabaya; Peringati Hari Down Syndrome Dunia

Surabaya, Kabarindo- Dalam rangka memperingati Hari Down Syndrome Sedunia yang jatuh pada 21 Maret lalu.

Hotel Shangri-La di Surabaya bekerja sama dengan Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) telah mengadakan perayaan untuk anak-anak dengan down syndrome di ballroomnya.
 
Acara tersebut mengambil tema “We Believe in Their Competence to Help Themselves” yang dihadiri oleh 160 anak dari 21 Sekolah Luar Biasa dan yayasan sosial di Jawa Timur seperti Pasuruan, Tuban, Batu, Jombang, Sidoarjo, Malang, Pandaan, Gresik dan Surabaya.
 
Menurut Martin Brenner, General Manager Shangri-La Hotel, Surabaya, acara tersebut merupakan yang kedua kali. Ia berharap akan lebih banyak pihak yang berpartisipasi serta memahami apa itu down syndrome dan bagaimana seandainya mengalami down syndrome.
 
“Mereka yang hidup dengan down syndrome dapat memiliki peran yang penting dalam kehidupan dan masyarakat,” ujarnya pada Sabtu (22/3/2014).
 
Acara dimulai pada pagi hari yang dibuka dengan penampilan drumband MI Nurul Huda I yang merupakan sekolah binaan CSR Shangri-La,dilanjutkan dengan jalan sehat bersama, goyang caesar, penanaman pohon dan penyuluhan cara mencuci tangan yang benar. Setelah itu acara berlanjut di ballroom dengan beragam acara yang memberikan kesempatan bagi anak dengan down syndrome untuk tampil dan menunjukkan kreativitas mereka di bidang kesenian. Mereka menampilkan fashion show, Tarian Rek Ayo Rek dan balet. Juga ada games dan sulap untuk menghibur anak-anak.
 
Pada kesempatan tersebut dihadirkan tim psikologi dari Universitas Airlangga, Universitas Wijaya Kusuma dan dari RS dr. Soetomo yang memberikan konsultasi gratis bagi keluarga yang memiliki anak dengan down syndrome.
 
Juga diadakan pengumpulan dana berupa garage sale yang semua hasil penjualannya untuk membantu anak-anak down syndrome.