Satgas Surya Bhaskara Jaya; Gelar Penyuluhan Bela Negara

Satgas Surya Bhaskara Jaya; Gelar Penyuluhan Bela Negara

Lembatta, NTT, Kabarindo- Dalam rangka perhelatan Sail Komodo 2013.

Dalam upaya memupuk jiwa nasionalisme putra putri generasi bangsa, Unsur Tugas Pelayanan Masyarakat (U.T. Yanmas) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya LXII/2013, menggelar sejumlah program penyuluhan, antara lain: penyuluhan Bela Negara, Bidang Potensi Maritim dan Hukum serta bahaya Narkoba kepada siswa-siswi SD, SMP, dan SMA, di SD Inpres Waikomo, Kecamatan Nubatukan, Lembata, NTT, Rabu (4/9/2013).
 
Seperti telah diketahui, sebagian masyarakat Kabupaten Lembata adalah warga trans lokal eks pengungsi Timor Timur dan korban kerusuhan Ambon beberapa waktu yang lalu, seperti halnya warga di Desa Waijarang.
 
Minat generasi muda di Lembata akan pendidikan sangatlah tinggi, banyak diantara mereka melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi hingga ke luar daerah seperti di Jakarta, Surabaya, Makassar dan kota lainnya. Sedangkan bagi mereka yang tidak mampu melanjutkan jenjang pendidikan, merantau mencari nafkah ke kota, dengan harapan meningkatkan ekonomi keluarga lebih baik.
 
Disamping itu, Satgas Surya Bhaskara Jaya juga memberikan penyuluhan bidang hukum tentang perdagangan manusia (traficking) dan bahaya Narkoba, yang dipaparkan oleh Kapten Laut (KH) Mas Iyan Diana D., S.H. Penyuluhan ini mengupas tentang kejahatan perdagangan manusia dengan modus memanfaatkan tenaga kerja dari daerah yang kurang berpengalaman. Perwira hukum tersebut juga menyampaikan bahwa pelaku perdagangan manusia dapat mengeksploitasi korban demi keuntungan pribadi bahkan di antara mereka menjadikan pemuas nafsu dan pekerja seks. “Melalui penyuluhan ini diharapkan menambah wawasan bagi remaja dan masyarakat Lembata agar tidak menjadi korban pelaku trafficking”, ujarnya.
 
Sedangkan penyuluhan bahaya Narkoba dipaparkan oleh Kapten Laut (K) Mawar dari U.T. Pelayanan Kesehatan (Yankes). Dokter Angkatan Laut ini  menyampaikan dampak pemakaian narkoba bagi kesehatan tubuh yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, seperti penularan HIV/AIDS melalui jarum suntik yang digunakan secara bergantian.
 
Selain itu, sebelumnya juga telah dilaksanakan penyuluhan bidang potensi maritim oleh tim Satgas kepada pemuda karang taruna dan nelayan di Kabupaten Lembata.