RSPJ Gelar Seminar Awam; Kenali Gangguan Kelenjar Tiroid

RSPJ Gelar Seminar Awam; Kenali Gangguan Kelenjar Tiroid

Jakarta, Kabarindo- Jumlah tersebut berada dalam rentang usia antara 20 tahun hingga 50 tahun.

Berangkat dari kenyataan tersebut, Rumah Sakit Premier Jatinegara sebagai Rumah Sakit yang memiliki falsafah “People Caring for People”, turut prihatin dengan jumlah penderita gangguan tiroid di Indonesia yang cukup besar, ditambah dengan masih banyaknya orang yang tidak menyadari gejala dan dampak gangguan kelenjar tiroid.

Rumah Sakit Premier Jatinegara mengambil momentum Hari Tiroid Sedunia yang diperingati setiap 25 Mei dengan menggelar Seminar Awam “Kenali Gangguan Kelenjar Tiroid”. Acara yang terbuka untuk umum ini menghadirkan Dr. Pradana Soewondo, SpPD – KEMD (Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin Metabolik Diabetes) sebagai pembicara.

Tujuan diselenggarakan seminar ini untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan kelenjar tiroid. Dalam seminar ini membahas beberapa hal antara lain meningkatkan kesadaran tentang kesehatan tiroid, kemajuan teknologi kedokteran dalam pengobatan penyakit tiroid, penekanan prevalensi penyakit tiroid, dan program pencegahan, serta peningkatan kesadaran untuk berobat.

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher bagian depan yang berbentuk seperti kupu-kupu dan mempunyai sejuta peran. Kelenjar ini akan memproduksi hormon tiroid yang berfungsi menstimulasi metabolisme dari sel-sel di tubuh. Kelenjar tiroid mungkin belum menjadi perhatian khusus bagi masyarakat, tetapi ada beberapa gangguan yang bisa terjadi pada kelenjar ini dan jika dibiarkan bisa menyebabkan komplikasi kronis.
Gangguan kelenjar tiroid yang akrab dikenal dengan penyakit gondok ternyata tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga banyak orang yang tidak menyadari datangnya gangguan tiroid tersebut. Hal ini sangat berbahaya karena tanpa penanganan yang tepat, gangguan kelenjar tiroid bisa berakibat fatal terhadap kesehatan bahkan bukan tidak mungkin tiroid bisa menyebabkan kematian.

Sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasiennya, RS Premier Jatinegara sangat mendukung program sosialisasi tentang penyakit tiroid, mengingat minimnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit tiroid tersebut.

Didukung Akreditasi JCI (Joint Commission International), RS Premier Jatinegara siap menjadi Rumah Sakit rujukan bagi pasien penderita tiroid. Pengakuan dari JCI tersebut merupakan titik lanjut dari tahapan perjalanan dan semakin memantapkan langkah RS Premier Jatinegara untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas baik.