Puluhan peserta Sail Komodo; Sudah Tiba Di Labuan

Puluhan peserta Sail Komodo; Sudah Tiba Di Labuan

Kupang, NTT,  Kabarindo- Puluhan kapal peserta Sail Komodo 2013 tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Peserta yang sudah tiba lebih awal ini akan menunggu peserta lainnya yang sedang dalam pelayaran menuju Labuan Bajo untuk bergabung dan memperingati puncak Sail Komodo 2013 pada tanggal 14 September 2013, kata Kabid Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Hamka Haris, di Kupang, Minggu seperti dilansir dari laman antaranews.

"Sudah banyak sekali peserta Sail Komodo yang sudah tiba di Labuan Bajo. Ada yang sudah tiba akhir Agustus, jumlahnya sekitar 40--50 kapal layar," katanya terkait dengan perkembangan perjalanan peserta Sail Komodo 2013 menuju Labuan Bajo.

Labuan Bajo akan menjadi titik singgah terakhir peserta Sail Komodo 2013 di NTT sekaligus menjadi tempat acara puncak pada tanggal 14 September yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Para peserta itu memulai perjalanan menuju Labuan Bajo pada hari Minggu, 4 Agustus 2013, dengan menyinggahi 21 kabupaten di NTT.

Dalam pelayaran menuju Labuan Bajo itu, para peserta dibagi dalam dua rute pelayaran, yakni selatan dan utara.

Rute selatan akan melewati daratan Pulau Timor mulai dari Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Alor, Lembata, daratan Flores, dan berakhir di Labuan Bajo.

Rute utara, yakni Kota Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua, daratan Sumba, dan Labuan Bajo sebagai destinasi utama.

Hamka Haris mengatakan bahwa para peserta yang sudah tiba lebih awal di Labuan Bajo, sudah mengunjungi Taman Nasional Komodo untuk melihat dari dekat biawak raksasa (komodo).