Presiden Portugal; Siap Bertandang Ke Indonesia

Presiden Portugal; Siap Bertandang Ke Indonesia

Jakarta, Kabarindo- Keterangan pers yang diterima di Dili, Minggu (20/5) siang, dari Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah menjelaskan Presiden Silva akan tiba di Indonesia pada 22 Mei 2012 dan melakukan kunjungan kerja hingga 24 Mei.

Kunjungan Dr. Anibal Antonio Cavaco Silva merupakan pertama kali yang dilakukan seorang Kepala Negara Portugal ke Indonesia sejak dibukanya hubungan diplomatik Indonesia - Portugal pada 1950.

"Karena itu, momentum kunjungan bersejarah tersebut akan dimanfaatkan untuk meneguhkan komitmen dalam membangun hubungan dan kerja sama ke depan yang lebih erat dan kokoh," kata Faizasyah seperti dilansir dari laman MIcom.

Kunjungan itu dilakukan dalam rangka memenuhi undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain Ibu Negara Portugal Dr. Maria Cavaco Silva, ikut serta dalam kunjungan ini lima anggota parlemen Portugal dan lebih dari 20 pelaku ekonomi.

Presiden Portugal akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Yudhoyono pada 22 Mei. Selanjutnya kedua pemimpin akan menyaksikan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman atau MoU.

Presiden Yudhoyono juga akan menyelenggarakan jamuan santap malam kenegaraan untuk menghormati Presiden Portugal.

Pada 23 Mei, Anibal Antonio Cavaco Silva dijadwalkan menghadiri Indonesia-Portugal Business Forum, menyampaikan kuliah umum di Universitas Indonesia, dan menghadiri pameran dalam rangka peringatan lima abad kontak antara Bangsa Indonesia dan Bangsa Portugis.