Presiden Jokowi Bersama Mensos; Siap Buka Muktamar Mathla`ul Anwar

Presiden Jokowi Bersama Mensos; Siap Buka Muktamar Mathla`ul Anwar

Pandeglang, Kabarindo- Presiden Joko Widodo atau yang akrap disapa Jokowi bersama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan membuka Muktamar ke XIX Ormas Islam Mathlaul Anwar di alun-alun Kabupaten Pandeglang, Sabtu (8/8).

"Pak Joko Widodo dipastikan akan hadir hari ini untuk membuka Muktamar Mathalaul Anwar, dan rencananya ada empat anggota Kabinet Kerja, di antaranya Menteri Sosial dan satu pejabat setingkat menteri akan mendampingi presiden," kata panitia Muktamar ke XIX Mahtlaul Anwar Arief Rachman ditemui sedang melakukan persiapan di Alun-alun Pandeglang, Jumat malam.

Ia menyatakan, acara pembukaan muktamar Ormas Islam yang dididirikan 10 tahun lebih dulu dibandingkan Nahdlatul Ulama (NU) itu akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

"Insya Allah muktamar nanti akan dihadiri sekitar 120 ribu pengurus dan simpatisan Mathlaul Anwar dari seluruh Indonesia, dan untuk pejabat daerah dipastikan akan hadir Plt Gubenur Banten Rano Karno," katanya.

Mathlaul Anwar didirikan oleh KH Mas Abadurahman, empat tahun setelah berdirinya Muhammadiyah serta 10 tahun lebih awal dibanding Nahdlatul Ulama (NU). Muhammadiyah dirikan pada 18 November 1912 di Kauman Yogyakarta oleh KH Ahmad Dahlan dan NU pada 31 Januari 1926 di Surabaya Jawa Timur oleh KH Hasyim Asyari.

Ormas Islam ini, sampai sekarang masih tetap pada khitahnya yakni bergerak pada bidang pendidikan, keagamaan dan sosial.

Ketua Umum Pengurus Besar Mathlaul Anwar KH Sadeli Karim menyatakan Mathlaul Anwar akan tetap mempertahankan khitahnya sebagai organiasi bergerak pada bidang pendidikan, keagamaan dan sosial.

Untuk bidang pendidikan, kata dia, Mathlaul Anwar saat ini mengelola 2.000 satuan pendidikan mulai TK/RA hingga perguruan tinggi, tersebar di hampir seluruh provinsi, mulai dari Aceh, Ambon hingga Papua seperti dilansir dari laman antaranews.