Potensi Wisata Buton; Dilirik Oleh DPR

Potensi Wisata Buton; Dilirik Oleh DPR

Jakarta, Kabarindo- Anggota Komisi X DPR Oelfah Syahrullah Harmanto kagum dengan potensi wisata di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, karena sangat beragam dan indah.

Menurut laman dpr.go.id, yang dikutip, Selasa, hal itu ia sampaikan saat mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi X DPR RI dalam rangka menghimpun masukan Rancangan Undang-undang Kawasan Pariwisata Khusus ke Pulau Buton.

Politisi Partai Golkar ini bahkan sampai menyebut pulau ini sebagai kepingan surga yang jatuh ke bumi karena pulau yang bertetangga dengan Pulau Muna ini, sangatlah indah.

"Pulau ini sangat indah. Saya apresiasi juga usaha Bupati Buton dalam mengembangkan potensi di daerahnya. Pantai Katembe juga bagus. Pemandangan dari Benteng Kraton Buton pun sangat indah," jelas Oelfah.

Politisi Partai Golkar ini juga mengingatkan kepada pemerintah daerah Buton maupun Baubau, untuk menguba kesan pulau yang terletak di Sulawesi Tenggara ini bukan hanya terkenal dengan produksi aspalnya saja, namun juga potensi wisatanya.

"Ada beberapa catatan yang perlu dibenahi. Terutama kesan orang yang mengenal Buton hanya produsen aspal saja. Padahal obyek wisata di sini banyak sekali, ada benteng, kraton, kuliner sampai pantai yang eksotis," jelas Oelfah.

Hal senada diungkapkanh Anggota Komisi X Sri Novida. Ia mengaku kagum dengan Benteng Kraton Buton. Benteng yang mendapat peringkat sebagai benteng yang terluas di dunia ini, menurutnya sangat mengagumkan.

Dalam sesi pertemuan, Bupati Buton Umar Samiun mengatakan bahwa Buton memang memiliki banyak potensi wisata. Bahkan, beberapa daerah memiliki keunikan tersendiri, yang bahkan mungkin tidak ada di tempat lain.

"Seperti di Pantai Nirwana, pasirnya memiliki karakter yang berbeda. Pasirnya tidak lengket di kulit, sehingga jika bermain pasir di pantai ini, sesudahnya tidak perlu dibasuh air, maka pasirnya akan rontok sendiri. Selain itu kita memiliki Pantai Katembe yang memiliki garis pantai sepanjang 2,8 kilomter," jelas Umar.

Umar juga menjelaskan beberapa potensi wisata lain yang dimiliki Buton, seperti Benteng Kraton Buton, masjid tertua di Buton, Goa Langalu, dan Pulau Batu Atas yang memiliki potensi wisata bawah laut yang menakjubkan seperti dilansir dari laman antaranews.