Polwan Jayapura; Bagikan 1.000 Mawar Sambut Hari Kartini

Polwan Jayapura; Bagikan 1.000 Mawar Sambut Hari Kartini

Jayapura, Kabarindo- Sebanyak 41 polisi wanita dari Polres Jayapura, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Selasa pagi pukul 07.30 WIT - 09.00 WIT membagi 1.000 mawar berwana merah dan putih kepada masyarakat pengguna jalan raya di wilayah itu.

"Kegiatan bagi-bagi bunga itu, untuk memperingati hari pahlawan nasional RA Kartini, yang diperingati tiap 21 April," kata polwan senior Polres Jayapura, AKP Jubelina Wally di Jayapura, Papua, Selasa.

Ia mengatakan pembagian seribuan bunga itu dilakukan di tiga titik ruas jalan yaitu di jalan pertigaan Bandara Udara Sentani, pertigaan Pasar Lama Sentani dan di pertigaan jalan ke Sarami dan kantor bupati Jayapura.

"Yang bagikan itu, semua polwan yang bertugas di Polres Jayapura. Bunga yang paling dominan berwarna putih, alasannya karena RA Kartini, suka warna putih," katanya.

"Putih itu kan melambangkan kesucian, perdamaian, kasih sayang atau identik dengan seorang wanita yang ingin membangun, bekerja dengan kasih sayang, ingin merangkul kaum pria agar memperlakukan wanita, perempuan dengan baik,bijak dan setara," lanjutnya.

Selain membagikan bunga kepada masyarakat dan pengguna jalan raya di wilayah itu, Wally juga mengimbau kepada kaum pria agar selalu melindungi dan menyayangi kaum perempuan, yang selalu bisa menjadi rekan kerja yang dapat membantu kaum pria.

"Harapannya, dengan aksi ini bisa menarik simpati kaum pria, agar selalu menyayangi kaum perempuan, berkurangnya tingkat kekerasan kepada perempuan, serta aksi bagi-bagi bunga tadi juga untuk mendukung Operasi Simpatik Matoa 2015, agar pengguna jalan raya bisa waspada, berhati-hati, dan taat berlalu lintas," kata AKP Jebulina Wally.

Aksi bagi-bagi bunga itu mendapat sambutan dari warga dan pengguna jalan di Kabupaten Jayapura. "Aksi ini sangat menarik, ada polwan-polwan yang bagi-bagi bunga di jalan, katanya untuk peringati hari RA Kartini, pahlawan perempuan yang mengangkat harkat dan martabat kaumnya," kata Vando, seorang warga Kampung Harapan.

Menurut informasi aksi bagi-bagi bunga itu menggunakan uang pribadi para polwan yang bertugas di Polres Jayapura seperti dilansir dari laman antaranews.