Polda DIY; Rilis Satgas Pengamanan Wisata Malioboro

Polda DIY; Rilis Satgas Pengamanan Wisata Malioboro

Yogyakarta, Kabarindo- Kepolisian Daeah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan satuan tugas (satgas) pengamanan kawasan wisata Keraton-Malioboro-Tugu.

Hal itu sebagai upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat dan wisatawan yang berada di kawasan tersebut.

"Kawasan Keraton Yogyakarta, Malioboro dan Tugu adalah daerah tujuan wisata utama di Yogyakarta, kami berharap dengan adanya satuan tugas yang lebih terpadu ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan dan masyarakat yang ada di kawasan tersebut," kata Kepala Polda DIY Brigadir Jenderal (Pol) Oerip Subagyo, usai apel peluncuran satuan tugas pengamanan di halaman Benteng Vredeburg Yogyakarta, Minggu (28/9).

Menurut dia, upaya pengamanan objek vital di kawasan tersebut sebelumnya hanya dilakukan oleh 12 personel kepolisian dari Kepolisian Resort Kota (Polresta) Yogyakarta. Dengan adanya satuan tugas tersebut maka akan ada tambahan personel pengamanan dari Polda DIY dan kepolisian lalu lintas.

"Dengan demikian, upaya pengamanan bisa dilakukan dengan lebih maksimal dan dalam jangka waktu yang lebih lama. Pengamanan dilakukan sepanjang hari," katanya.

Ia menambahkan, guna mendukung tugas pengamanan objek vital tersebut, akan ditambah pos pengamanan di tiga titik, yaitu di kawasan Keraton Yogyakarta, di Tugu dan di bagian tengah ruas Jalan Malioboro. Selama ini, pos pengamanan hanya ada dua, yaitu di Teteg Sepur dan di simpang empat Titik Nol Kilometer.

"Harapannya, jika terjadi sesuatu, maka dapat diselesaikan di pos dan tidak perlu harus sampai ke Polsek terdekat," katanya.

Sejumlah kerawanan yang berpotensi muncul di kawasan utama wisata tersebut, di antaranya adalah tindak kriminal hingga peredaran minuman keras, narkotika, penganiayaan dan kepadatan lalu lintas seperti dilansir dari laman beritasatu.