Pertamina Masuk Fortune; Peringkat 500

Pertamina Masuk Fortune; Peringkat 500

Jakarta, Kabarindo-  PT Pertamina hari ini memasang banner jumbo berukuran 26 X 54 meter bertuliskan 'Prestasi Baru di Tingkat Dunia tahun 2013 Berhasil Masuk Fortune Global' di kantor pusat Pertamina jalan Medeka Timur. Pemasangan ini dilakukan sebagai bentuk syukur dan kegembiraan perseroan karena telah menoreh sejarah baru, yakni masuk dalam jajaran Fortune 500 atau perusahaan terbaik.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengucap syukur atas prestasi yang dicapai perseroan. Menurutnya prestasi ini tidak dapat diraih bila seluruh pihak tidak mendukung.

"Ini juga berkat dukungan dari karyawan seluruh Pertamina. Saya mengucapkan banyak terimakasih pada seluruh pihak yang telah membantu. Kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pak Dahlan Iskan (Menteri BUMN)," ujar Karen saat memberikan sambutan di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (16/8).

Karen berpesan prestasi gemilang ini tidak boleh luntur begitu saja. Dia juga berharap semoga apa yang telah dicapai Pertamina bisa menjadi acuan bagi perseroan lainnya. "Mimpi ini tidak boleh luntur, kita harus mencapai yang lebih baik lagi. Ini menjadi kebangaan dan motivasi BUMN. Kalau kita kerja keras pasti bisa," serunya.

Fortune 500 adalah sebuah daftar tahunan yang disusun dan diterbitkan oleh majalah Fortune yang memeringkatkan 500 perusahaan umum dan milik pemerintah di seluruh dunia.

Di tempat yang sama, Menteri BUMN Dahlan Iskan masih tak menyangka bahwa Pertamina bisa langsung menembus peringkat ke 122 dalam jajaran Fortune 500. Saking tidak percayanya, bekas Dirut PLN ini sampai mengecek langsung ke Amerika.

"Saya agak detail takut salah informasi, makanya saya cek ke Amerika supaya kalau kita umumkan ini tidak keliru. Karena ini terlalu mengkejutkan kalau sudah masuk Fortune Global 500," tutur dia seperti dilansir dari laman jpnn.

"Saya tidak happy, karena (Pertamina-red) masuk peringkatnya 122. Ini terlalu baik. Bayangan saya tahun depan peringkatnya 420 atau 450 tapi tidak. Saya percaya kinerja Pertamina, ini malah tinggi sekali," tukasnya.

Meski amat kaget, Dahlan merasa bersyukur akhirnya perseroan bisa mencetak prestasi yang gemilang. Maka itu dia tak hentinya memuji kinerja Pertamina. "Tahun ini capaian laba Pertamina capai Rp 5 triliun, terbesar di sepanjang Pertamina. Prestasi lainnya, pada bulan Februari sudah bisa RUPS, swasta saja belum bisa saya rasa. Laporan keuangan (Pertamina-red) sangat disiplin, dan tercepat," puji Dahlan.

Selain pemasangan banner jumbo, dikesempatan yang sama Pertamina juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) bisnis hulu terkait percepatan peningkatan produksi Minyak dan Panas Bumi.