Penjualan Tablet di Indonesia; Tertinggi Se-Asia Tenggara

Penjualan Tablet di Indonesia; Tertinggi Se-Asia Tenggara

Jakarta, Kabarindo- Saat ini peta perkembangan teknologi gadget di Indonesia sedang berpihak pada tablet. Tablet berbasis Android menjadi primadona menggantikan era Blackberry sebelumnya.

Total hingga saat ini penjualan tablet di Indonesia mencapai angka 1,3 juta unit dan menjadi yang tertinggi di negara Asia Tenggara lainnya.

"Untuk tahun kemarin saja (2012) pertumbuhan penjualan tablet mencapai angka 120%," ujar Heri Setiadi Wibowo, Pakar dan Pengamat Teknologi, di Jakarta, akhir pekan ini.

Hingga akhir tahun ini saja diprediksi akan terjual dua juta unit tablet, dengan dominasi yang berbasis Android.

"Pasar Indonesia ini adalah pasar yang unik. Jika kita lihat pendapatan per kapita kita memang tidak tinggi, namun untuk membeli gadget dengan harga tinggi negara kita mencatatkan pertumbuhan yang signifikan," tutur Heri.

Ia mengatakan yang paling berjasa untuk perkembangan tablet khususnya yang berbasis Android itu sendiri adalah aneka merk lokal yang menawarkan kualitas yang tidak begitu jauh namun harga yang jauh lebih murah.

"Di Indonesia itu pasar gadgetnya mereknya terbagi dalam tiga kategori besar. Pertama pasar global, Tiongkok, dan lokal. Nah orang yang tidak mampu beli merek global akan lari ke merk Tiongkok dan lokal," tambahnya.

Namun untuk harga tablet, Indonesia masih tertinggal dari negara Asia Tenggara lainnya.

"Pemicunya adalah banyaknya brand lokal yang mematok harga rendah untuk tabletnya, sehingga ketika dibagi, rata-rata harga tablet di Indonesia cenderung masih rendah," tuturnya seperti dilansir dari laman beritasatu.

Saat ini rata-rata harga gadget di Indonesia berada di sekitar angka $ 300 atau Rp 3,2 juta.