Pengibaran Merah Putih Di Cartenz; Dipimpin Langsung Kapolda Papua

Pengibaran Merah Putih Di Cartenz; Dipimpin Langsung Kapolda Papua

Jayapura, Kabarindo- Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Tito Karnavian dijadwalkan memimpin pengibaran bendera Merah Putih di kawasan salju abadi, Pegunungan Cartenz, di pedalaman Papua pada Rabu (14/8) dalam rangka peringatan HUT Ke-68 RI seperti dilansir dari laman antaranews.

Kepala Polres Mimika AKBP Rontini yang dihubungi Antara dari Jayapura, Selasa, mengatakan rombongan Kapolda Papua akan menuju Puncak Cartenz dengan berjalan kaki sekitar enam jam dari Tembagapura.

Kegiatan yang akan melibatkan masyarakat di kawasan yang hingga saat ini masih ditutup salju abadi itu, diawali dengan aksi pembersihan lingkungan dari sampah.

Saat tiba di kawasan yang masuk tanam nasional dan menjadi warisan dunia itu, kata Rontini, pembersihan lingkungan dilakukan mengingat sampah yang ditinggalkan para pendaki dilaporkan berserakan.

Dia mengatakan pada Rabu (14/8) kemudian dilakukan pengibaran bendera Merah Putih yang akan dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian.

"Pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Cartenz itu menjadi kegiatan utama selama di kawasan itu," katanya.

Puncak Cartenz memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan air laut dan merupakan puncak tertinggi di kawasan Pasifik sehingga menjadi salah satu di antara tujuh puncak tertinggi di dunia (seven summits).

Salju abadi di puncak tersebut merupakan satu-satunya yang ada di garis khatulistiwa.