Pemkot Kendari; Benahi 3.533 Rumah Kumuh

Pemkot Kendari; Benahi 3.533 Rumah Kumuh

Kendari, Kabarindo- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), telah membenahi sebanyak 3.533 unit rumah kumuh yang ada di kota itu.

Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan Kendari, Saiful di Kendari, Minggu (26/10).

Ia mengatakan, penataan rumah kumuh tersebut belum seberapa dibanding dengan jumlah rumah kumuh yang telah diidentifikasi oleh pemerintah di kota itu.

"Berdasarkan hasil identifikasi maka terdapat 21.648 unit rumah kategori kumuh. Dari jumlah itu baru 3.533 unit yang sudah ditangani atau dibedah oleh pemerintah, sehingga masih tersisa 18.115 unit rumah kumuh yang butuh penanganan," kata Saiful.

Pemerintah Kendari, lanjutnya, memiliki komitmen besar untuk menangani seluruh rumah kumuh yang ada di Kendari, hanya karena terkendala dengan anggaran yang ada, sehingga dilakukan secara bertahap.

"Yang kita harapkan adanya bantuan dari pemerintah pusat, apakah itu dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) atau delam bentuk sumber pembiayaan lainnya," katanya.

Menurut dia, rumah kumuh tersebut tersebar di semua kelurahan yang ada di Kota Kendari, seperti merehabilitasi rumah-rumah kumuh yang semula berdinding dari bambu diganti dengan bangunan batu bata.

"Kami juga perbaiki sanitasi lingkungan, dananya sebagian APBD dan sebagian APBN, daerah-daerah kumuh diperhatikan dan kami bantu penataannya," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.